21 Jun 2016

Aplikasi Kasir Multiguna Karya Anak Bangsa [#Smescodigipreneurday]

Produk UKM yang didisplay di lantai 3 gedung Smesco (dokpri)
Gedung Smesco yang berdiri megah di kawasan Gatot Subroto Jakarta selatan, terlihat semarak dengan diselenggarakannya acara Smescodigipreneurday. Lantai tiga tempat kami berada, terdapat aneka display produk UKM yang unik dan menarik.
Smesco ibarat kawah candradimuka bagi UKM, untuk pengembangan diri dan memperluas networking. Selaras dengan penyataan Bapak Ahmad Zabari selaku Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-UKM) "Smesco adalah lembaga yang disiapkan pemerintah untuk mempromosikan dan memasarkan produk UKM, Selain untuk mendisplay produk, juga mendukung pengembangkan akses jaringan mitra baik dalam dan luar negeri. Produk UKM kita cukup unggul,  fashion, kulit, jewellery, persoalannya ada mindset"
Jangan heran kalau berkunjung ke Smesco, anda bisa menjumpai produk mulai dari furniture, pakaian, kerajinan, makanan dan masih banyak produk unggulan lainnya.
Acara Smescodigipreneurday pengewajahatahan pernyataan Pak Ahmad Zabadi, sebagai upaya Smesco agar UKM memiliki daya saing di pasar global.
-0o0-
Saya beruntung bisa hadir pada Sabtu 18 Juni 2016, mengikuti sesi demi sesi menarik mulai dari Celana Sarung Tajmaul, Hijab All Scraft serta Bdigital. Sementara pada sesi pamungkas, dibahas topik "Pawoon, Kasir Aplikasi untuk "Kesehatan" manajemen keuangan UKM.
Nah, saya akan mengulas spesfik tentang sesi bersama Pawoon. (baca sampai tuntas ya ! )


website Pawoon (dokumentasi pribadi)
Apa yang terbayang ketika mendengar kata Pawoon?
Saya yang orang Jawa mengaitkan pada satu ruangan di rumah, Pawoon dalam bahasa Jawa artinya Dapur. Bapak Opid Adisuryo selaku Chief Marketing Officer, menjelaskan apa itu Pawoon di acara keren Smescodigipreneurday dengan topik "Pawoon, Kasir Aplikasi untuk "Kesehatan" Manajemen Keuangan UKM.
Tak disangkal bahwa saat ini, teknologi digital diyakini mampu mempererat dan meningkatkan conectifity antara merchant (pelaku bisnis) dan customernya. Dengan teknologi banyak hal yang berubah, semua yang konvensional berubah seratus delapan puluh derajat.
Fakta Sudah Terbukti !
Jaman dulu  untuk memiliki Hotel terbesar di dunia, pengusaha mustilah memiliki bangunan fisik dengan ratusan kamar dan beragam fasilitas. Tidak disangka namun terjadi nyata, saat ini pengelola hotel terbesar justru tanpa memiliki  aset berupa fisik apalagi harus menyewa Hotel.
Contoh teraktual sempat terjadi di Jakarta, saat itu riuh sopir  Taxi dengan seragam warna biru terang di sekitar monas. Awak driver Taxi terkemuka, berdemo minta penertiban taxi via aplikasi.
Yup yang ada di benak anda benar.
Uber menjelma menjadi perusahaan Taxi terbesar, tanpa harus memiliki kendaraan taxi satupun. Pengelolanya tak kerepotan menyediakan lahan khusus, untuk membuat pool taxi di beberapa tempat. Tapi Uber bisa ada dimana-mana, menjangkau konsumen lebih dekat dan lebih cepat.
Pakar ekonomi Rhenald Kasali mengungkapkan, trend yang sedang berlangsung pada masa digital ini bisa dikategorikan dengan istilah sharing economy.
Opid Adisuryo, mengemukakan pada sesi presentasinya di Smescodigipreneurday "Dalam dunia usaha apapun, kini lebih mudah untuk memarketingkan sebuah produk. Anak -anak muda di singapore atau  Amerika, sudah mulai bicara  dan mengaplikasikan start-up".
Pawoon
Banyak orang enggan membuka bisnis, lantaran kawatir antara cost and inventory tidak  balance. Sebagian besar orang masih berpatokan, pada proses transaksi cash and carry. Kata Teknologi dalam benak UKM,  barriernya terlalu mahal sehingga tidak terjangkau. Jangankan membuat system digital, memikirkan saja tidak berani karena lagi-lagi terhantui oleh budget.
Nah, pada sesi terakhir di Smescodigipreneurday Pak Opid mengurai kegalauan UKM.
Sesi Talkshow bersama Opid Adisuryo (kanan) dan moderator Febryan Lukito (kiri) - dokumentasi pribadi
Apa itu Pawoon?
Pawoon berdiri pada 2014, berawal dari program akselerasi yang diadakan Indosat, IDEABOX. Pawoon adalah sistem aplikasi kasir online multiguna/ Point of Sale (POS) berbasis Cloud Server. Sistem operasionalnya sangat simple, yang paling penting memudahkan penggunanya karena Berbahasa Indonesia.
Sejauh ini sudah ada 500 download, sudah 300 member menggunakan produk aplikasi Pawoon
Apa manfaatnya?
  • Keamanan tekait keuangan karena setiap transaksi tercatat.
  • Monitoring barang sehingga dapat merencanakan pembelian sesuai kebutuhan
  • Memiliki analisa penjualan sesuai kebutuhan konsumen
Misi Pawon , ingin agar UKM memiliki produk kualitas bintang lima dengan harga kaki lima. Dengan adanya teknologi digital, UKM bisa melepaskan dari keterbatasan budget. Sebab owner tak perlu kontrol usahanya, harus mendatangi ke lokasi apalagi yang berbeda kota.
Pawoon mendevelop teknologi semula harga ratusan juta, disulap cukup murah senilai ratusan ribu/ bulan.
"Sangat murah juga bisa diselesaikan cepat" Tegas Opid
Caranya ?
Masuk ke website www.pawoon.com, kemudian melakukan registrasi untuk menjadi member. Pendaftar akan diminta  mengisi inventory, bisa saja franchise, salon, restaurant, cafe, furniture dan lainnya. Dari jenis usaha tersedia klasifikasi,  mulai dari Food & Beverage, retail atau lainnya dientry sesuai product yang dimiliki.
Proses regristasi bisa dilakukan cukup dengan tablet,kemudian Install Pawoon sekitar 15 menit. Pawoon siap diaktifkan.
Pawoon menyediakan fitur, pembayaran tak melulu harus cash bisa juga memakai kartu. Pawoon menjalin kerjasama dengan ZAHIR, penyedia software aplikasi accounting terbesar di Indonesia. sangat membantu owner UKM, untuk bisa memantau neraca bisa juga laporan laba rugi tahunan.
Selain itu ada fitur statistik, merchant bisa mendeteksi kapan peak hour, kalkulasi produk yang paling diminati end user. Pendek kata, mershant bisa memetakan barang apa yang harus diperbanyak dan mana yang tidak
Keunggulan Pawoon, memakai user experience sebagai cara pengembangan aplikasi. Sehingga mudah dipahami, termasuk menyediakan customer support 24 jam guna membantu kesulitan customer.
Filosofi !
Benar perkiraan saya di awal tulisan, Pawoon artinya dapur atau tempat memasak. Dalam rumah tangga dapur adalah jantung, ibarat kata kepala rumah tangga bekerja agar asap dapur tetap ngebul.
Maka sisitem aplikasi Kasir, bagi UKM adalah jantung dari keberlangsungan usahanya. Melalui sentuhan teknologi pada aplikasi kasir, diharapkan sebagai teknic mengenal teknologi. Ketika UKM sudah mengenal teknologi, artinya UKM siap bersaing dengan pasar global.
Peserta Talkshow Smescodigipreneurday (dokpri)
Memangkas biaya tak terduga !
Saat Pak Opid di sebuah pulau pelosok Manado, untuk kebutuhan belanja atau membayar aneka tagihan masyarakat harus ke kotanya yaitu di Manado. Dampaknya biaya transportasi jauh lebih mahal, dibandingkan dengan barang yang dibeli atau tagihan yang dibayarkan.
Coba saja kalau masyarakat dipelosok manado, menggunakan system agar bisa membayar via smartphone tentu membengkaknya cost bisa ditanggulangi.
-o0o-
Inovasi demi inovasi yang terjadi masa kini, menurut hemat saya adalah sebuah keniscayaan. Planet bumi selalu berputar tak mandeg, kodratnya tak hanya di satu titik dalam orbit galaksi. Sama saja artinya, bahwa masa juga terus bergerak dan dinamis.
Coba saja kalau bumi tidak berputar, mungkin saja seluruh permukaannya tak merasakan panas matahari. Akibatnya pepohonan tak bertumbuh, hewan, air dan udara tak pula merasai kehidupan.
Saya jadi teringat puisi Kahlil Gibran Tentang Kerja
Kau bekerja supaya langkahmu seiring irama bumi
Serta perjalanan roh jagad ini
Berpangku tangan menjadikanmu orang asing bagi musim
Serta keluar dari barisan kehidupan sendiri
Yang menderap perkasa, megah dalam ketaatan menuju keabadian masa
Perubahan dari masa ke masa adalah fitrah kehidupan, perputaran bumi musti diimbangi dengan pembaruan yang dimotori oleh manusia di atasnya.

Pawoon adalah satu diantara banyak inovasi, yang merupakan karya anak negri (Jayalah UKM- Jayalah Indonesia)

8 komentar:

  1. Bersyukur sekali kita tinggal di kota ya Pak Agung. Dengan segala kemudahan transportasi dan sarana komunikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Ria H :)
      Salam sehat dan semangat

      Hapus
  2. Ralat min: Opid bukan ocid. & Zahir bukan Taher.

    BalasHapus
  3. Ralat min: Opid bukan ocid. & Zahir bukan Taher.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya