10 Sep 2015

Dilmah "Real High Tea Challenge Restaurants & Cafes" [Catatan 1]


Display Teh Dilmah (dokpri)

Teh sudah menjadi gaya hidup kaum urban,  sekaligus memperkokoh jati diri serta status sosial. Maka tak mengherankan di cafe/resto bergengsi, mulai serius menyajikan  teh oleh Proffesional Cheff. Kalau di Jepang ada upacara khusus minum teh, tak mustahil di Indonesia kelak ada kegiatan serupa.
Merril J Fernando pendiri Dilmah merasa, acara High Tea sudah kehilangan keasliannya,  kreatifitas dan yang terpenting konektivitas dengan teh itu sendiri. Dilmah memperkenalkan kembali teh kepada generasi baru, dengan cara yang lebih inovatif dan menarik. Bukan sekedar untuk kesehatan  atau mempererat hubungan, tapi teh dapat menawarkan kemewahan sekaligus berpadu dengan seni gastronomi.


Sekilas Dilmah Tea
Perusahaan milik keluarga berbasis di Srilanka, menawarkan teh yang ditanam, dipanen dan diproses secara tradisional, langsung dari sumbernya. Merril J Fernando bersama dua anaknya Dilhan dan Malik (membentuk merk Dilmah), terus berusaha mewujudkan impian bersama. Yaitu membangun bisnis berfocus pada manusia, membagi kebahagiaan dalam menikmati teh kepada penggemar teh di dunia.
Komitmen keluarga pada tradisi dan gaya artisanal dalam membuat teh, menjadikan merk Dilmah dicintai penikmat teh seluruh dunia. Dilmah menolak metode Cut Twist Curl (CTC) cara lebih murah, dengan menekankan proses produksi yang benar. Dengan keyakinan bahwa proses yang sempurna, akan menghasilkan minuman yang lezat sekaligus sehat.
Dilmah Real High Tea Challenge Cafes & Restaurants Indonesia
Kompetisi menyajikan teh yang paling menantang bagi Cafe dan resto, diselenggarakan di Jakarta dan Bandung menyusul kota besar lainnya. Sebelum di Indonesia RHTC sudah berlangsung di Thailand, Singapore dan Uni Emirates dan Negara asal Dilmah yaitu Srilanka.
Event yang diselenggarakan PT. David Roy Indonesia, terbuka untuk semua professional kuliner. Bertujuan mengkombinasikan teh dengan tradisi lokal, menginspirasi cheff berinovasi menggunakan teh sebagai bahan baku di Industri Food and beverages. Teh selama ini sudah jamak sebagai breakfast tea, event ini ingin membudayakan afternoon tea di Jakarta/ Bandung.
Sebagai blogger saya berkesempatan, ikut bergabung di Cafe/ Resto di Jakarta. Adapun panel juri seorang pakar bidang kuliner, yaitu cheff Manda Cheff profesional dan Pelopor Pemuda Pangan. Panel Juri kedua adalah Ibu Ellawati Erly Brand Ambassador Dilmah Indonesia mewakili PT. David Roy Indonesia, beliau juga cellebrity Chef (TBC).
-o-0-o-
Saya beruntung tergabung komunitas food blogger, sekaligus turut ambil bagian dalam RHTC. Karena harus mengatur jadwal dengan kegiatan lain, ada 5 lokasi saya bisa kunjungi bersama team Dilmah. Sementara 5 lokasi lainnya saya atur di lain hari, berkunjung secara personal atau dengan blogger lain.
Berikut perjalanan mengunjungi cafe resto peserta RHTC, saya rangkum untuk anda.
  • Uncle Tjhin Bistro - Pantai Indah Kapuk
Uncle Tjhin Bistro (dokpri)

Saya sangat menikmati suasana yang hommy, ada kisah mulia dibalik pendirian Bistro ini. Sang founder ingin meneruskan cita- cita sang ayah memiliki bistro, akhir setelah  terwujud diberi nama Uncle Tjhin Bistro (panggilan ayah). Dengan lokasi di sekitar perumahan dan ruko Pantai Indah kapuk, Uncle Tjhin cocok dikunjungi bersama relasi atau keluarga.
Pada perhelatan RHTC Uncke Tjhin Bistro menyajikan  Menu
Traditional Brewing
Dilmah Green tea With Jasmine
Tea Cocktail
Smoke on the world with
Dilmah Lapsang Souchong
Beef Burger with smoke beef  with smoke beef, cheese and egg
Unsle Tijhn Smoked salmon steak with dilmah Lapsang Souchong
Fish Soup with Dilmah Pappermint and Cinamont
Saya dibuat kagum dengan penjelasan team cheff Sammy, dengan jeli mengestimasi suhu air mendidih. Proses adukkan dalam hitungan tertentu, membuat suhu pas dan tepat untuk penyeduhan teh. Bagi anda yang sedang di Jakarta Utara, atau sengaja ingin berkunjung ke Uncle Tijhn Bistro. Silakan menuju ,   
Jalan. Pantai Indah Selatan 1 Kompleks Elang Laut no. 33 & Kapuk - PIK Jakarta Utara
  • The Bailey's & Chloe - Tanjung Duren

Perjalanan hari pertama RHTC menuju lokasi ke dua, berada di Tanjung Duren - Jakarta Barat. Begitu memasuki Baileys and Chloe saya menemukan suasana kental tradisi, musik etnik modern dengan gamelan ala Bali menguasai ruangan. Pada beberapa titik langit- langit, terpasang hiasan sangkar (rumah burung) dari bambu. Atmosfir semakin kuat dengan ornamen, yang terpasang di beberapa spot cafe.
Menu yang disajikan untuk RHTC
Hote Cylon  Black Tea- Kolak Pisang
Italian Almond Mocktail
Chicken Sandwich with satay Sauce
Braised basket with Potato Soup
Saya terkesima dengan ide kolak, penyajian pisangnya sungguh membuat surprise. Caranya dibungkus biji salak, sehinngga ketika di gigit rasa pisang keluar menyentuh lidah. Cheff Ivan sang founder cukup idealis dengan cita citanya, ingin mengangkat kuliner tradisi indonesia. Sayapun langsung mafhum ketika melihat seragam batik, musik tradisi dan jenis makanan yang dikreasikan sarat muatan tradisi.
Lokasi yang berdekatan dengan kawasan kampus, banyak mahasiswa dosen mmenjadi pengunjung setia Bailey's & Chloe. Selain untuk kunjungan personal/ couple, juga cocok untuk acara arisan, gathering atau kegiatan lain.
Alamat
Jl. Tanjung Duren Utara IV No. 55 A
Tanjung Duren- Jakarta barat
De Mingle- Immigrant- The Baileys & Chloe (dokpri)
  • De Mingle- Kebon Jeruk

Perjalanan selanjutnya menuju kawasan Kebon Jeruk, ke sebuah restuarant dengan konsep unik indonesia- Dutch. De Mingle memiliki motto ; Good Place, Good Food, Good Friendship. Menyajikan kuliner berkualitas, spesialised Indonesian Dutch and western food from our grandma's kicthen.
Adapun menu khusus RHTC
Black Tea Klepon
(sweet rice ball with exotic blacktea infused and stuffted wth palm sugar)
Cinnamon Crumbble
(Old time Favorite apple crumble in hearty cinamon and brown sugar)
Peppermint Tung Tung
(Indonesian tradisional ice cream with lemongrass adn papper tea infussed)
wah Klepon & Ice Tung-tung...
Sungguh membuat terbit rasa penasaran, saya cukup exited dengan Black tea klepon. Makanan tradisional yang biasanya berwarna hijau, dengan isi gula jawa berhasil disulap. Berwarna coklat kehitaman, dipadu dengan rasa blackpepper yang berimbang.
Kemudian Ice cream Tung- Tung,  mengingatkan semasa kecil kerap saya jumpai di pinggir jalan. Bagai sebuah dejavu kini kembali menjumpai, namun ice yang sederhana tampil lebih inovatif dan kekininan.
Anda yang ingin merasakan aneka menu de Mingle, yang tersedia dalam RHTC.
silakan mengunjungi  Alamat ;
Graha Handoyo - Blok C - Raya Perjuangan Kebon Jeruk Jakarta Barat
  • Immigrant - Plaza Indonesia

Lokasinya berada di pusat perbelanjaan terkemuka di Ibukota, "Immigrant" memberi kesan berkelas. Saya dan team Dilmah masuk melalui Plaza, kemudian naik dengan lift sampai lantai 6. Karena masih sekitar jam 10 pagi di lokasi, Plaza Indonesia belum terlalu banyak pengunjung.
Spesial Menu's dihadirkan untuk event RHTC ;
Real High Tea Drink
1st Cousine- Tea Regular Tea
Green Tea with Jasmine Flower Character (Hot)
2nd Course ; Tea Cocktail
Green with mint (cold)
3rd Course ;  Tea Cuisine
The Garden Fog
Real High tea Food
1st Cousine
Tomatos, Watremelon dressing and green tea puff rice
2nd Course
Cured salmon, Cucumber, wasabi cream and Earl grey tea macaron
3rd course
Tea poached pear, Orange Crumble adn Dilmah pappermint tea
Berlokasi di lantai 6 Plaza terkemuka, memungkinkan Immigrant dikunjungi kalangan eksekutif. Bagi anda yang penasaran dan ingin merasakan menu khusus RHTC, silakan mengunjungi Immigrant.
Plaza Indonesia Lantai 6, Jl. MH. Thamrin No. 28 - 30
Jakarta Pusat
  • Oasis  Heritage Resto - Cikini
Oasis Restaurant (dokpri)

Sejak kaki menapak di halaman Resto saya sudah memiliki gambaran, tentang Oasis Heritage Resto. Namun kenyataan ternyata lebih dari bayangan, menyajikan perpaduan aneka warisan nusantara. Sang Owner Oasis terkesan mencintai budaya Indonesia, hiasan khas dari  daerah Indonesia rasanya komplit.
Gedung tua yang berdiri sejak 1928,  dipertahankan ubin gaya kolonial berkesan klasik dan western.
Menu khusus RHTC Oasis Heritage Resto adalah ;
Selection of tea
Brilliant Breakfast Tea
Lapsang Souchong
Green Tea With Jasmine Flowers
Italian Almond tea
Elegant Earl Green Tea
Peppermint Leaves with Cy\eylon Cinnamont
Pure Ceylon Tea Inspired Cuisine menu no 3
Elegant Earl green tea Dilmah Tea
Served fresh from garden to your cup
Presented with a dedicated seletion of delicates
All creativity enriched with premium single origin
------ ---
Spice Island Twish High Tea Cullinari
By Master Cheff Firdaus Rhapsody
---- -----
Savory Canape
Betutu style Bali Duck Breast Smoke with Oolong Lapsang Souchong Tea
Batterballen with tea Cheese melt
Beef Rendang Roll with red rice and tea caviar
--- ----
Sweet canape
Klappertart infused with italian almond tea
Poffertjes baby pancakes
Ongol- ongol enchased with elegant eark green tea
Condiments
Peanut peppermint tea Craker.
Menikmati makanan sajian RHTC, berpadu dengan nuansa warisan yang kental. Saya pribadi betah berlama-lama di Oasis, seperti di sebuah kraton masa lalu. Lengkap dengan musik dan ornamen yang mendukung, plus suasana nyaman dan tentram
Kalau penasaran silakan datang
Jl. Raden Saleh Raya No. 47 - Cikini Jakarta Pusat
-o-0-o-
Penjurian oleh Ibu Ellawati Erly & Cheff Manda (dokpri)
Sebagai foodblogger seperti mendapatkan pencerahan, bahwa tradisi teh sejatinya mengandung filosofi tinggi. Tidak hanya sekedar budaya pop dan kekinian, tetapi terdapat benang merah spirit kekeluargan, jalinan keakraban dan kemewahan.
Perjalanan RHTC masih belum usai, lima lokasi berikutnya tak kalah unik.  Agar tidak terlalu berkepanjangan, saya membagi dalam dua tulisan. Kebutulan pada perjalanan kedua, saya mengunjungi sendiri sebagian dengan blogger lainnya. (salam)

5 komentar:

  1. Menarik2 semua menu tea pairingnya, Mas. jadi pingin mencoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo dicoba mbak Euisry :)
      trimakasih sdh berkunjung
      salam :)

      Hapus
  2. Wowww... 5 resto ya...... asyik banget baca artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10 resto Mbak Sonta, saya bagi dalam 2 artikel :)
      monggo klik sambungannya
      salam :)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA