9 Mar 2024

Selega itu Bekerja dengan Laptop Dua layar ASUS Zenbook DUO

Kereeen, inovatif dan canggih. Itu kesan pertama, ketika saya melihat laptop dua layar. Adalah ASUS Zenbook DUO (UX8406), laptop ajaib yang saya maksud. Seketika membuat saya merasa sangat beruntung, hadir di acara peluncurannya, di Rafles Hotel di bilangan Jakarta Selatan.

Ya, saya sepakat bahwa ASUS Zenbook DUO, adalah laptop dua layar terbaik tahun 2024. Dengan dibekali dua layar OLED, ditenagai AI, dilengkapi fitur eksklusif. Saya meyakini, bahwa perangkat ini yang akan merevolusi interaksi penggunanya dengan laptop.

“Revolusi laptop telah dimulai hari ini”ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director.

-----

Saya sangat antusias sekaligus penasaran, dengan inovasi ASUS untuk pengguna setianya. Masuk ke ballroom, saya dibuat terpesona dengan stage-nya. Dibuat sedemikian megah dan unik, menyerupai dua layar laptop yang terbuka. Satu layar di bagian atas panggung, satu layar lagi di stage bagian belakang.

Setiap pergerakan gambar, sungguh-sungguh menghibur. Di sepanjang acara, para penampil seperti sedang berada di dalam layar ASUS Zenbook DUO (UX8406). Salut buat penggagas dan kreatornya, berhasil menggiring imajinasi saya. 

Siapa tak kenal, Donna Agnesia, presenter kenamaan dengan image positif. Keluarganya adem ayem, dengan anak-anak berprestasi. Donna dan suami selalu kompak. Tak salah team ASUS, memilih Donna memandu acara megah dan bergengsi.

Jimmy Lin, Regional Director of ASUS South East Asia, menjelaskan perjalanan Zenbook DUO (UX8406). Ketika itu team desain ASUS, melihat orang bekerja dengan monitor tambahan. Kenyataan yang saya amini, ketika saya bekerja di kantor media. Teman-teman produksi iklan, memakai dua monitor untuk memudahkan pekerjaan.

 


Kalau bekerja di kantor, menggunakan dua monitor sangat memungkinkan. Tetapi ketika bekerja di luar kantor, tentu sangat merepotkan. Sehingga muncul konsep Zenbook DUO, tahun 2018 dipamerkan di Computex. Project precog masih tahap konsep, mengingat ekosistem hardware, software, sistem operasi belum mendukung penggunaan layar ganda secara maksimal.

Akhirnya layar ganda dikembangkan, dengan software dan ekosistem di Zenbook Pro 15 (UX580) lewat ScreenPad™, serta ZenBook Duo (UX481) dan ZenBook Pro Duo (UX581) lewat layar tambahan ScreenPad™ Plus. 

Tanpa terasa enam tahun berjalan, konsep layar ganda terus dicari solusi. ASUS menyempurnakan hardware, software, guna memudahkan pengguna laptop layar ganda. Sampai lahirlah Zenbook DUO (UX8406), sebagai laptop layar ganda terbaik di dunia.

Laptop dengan dua layar tidak hanya revolusioner, juga melewati proses pengembangan secara konsisten secara bertahap.

-----  

Acara launching ASUS Zenbook, selain canggih juga sangat menghibur. Ada drama musikal yang sangat menarik, saya seperti diajak mengenal lebih dekat perangkat ajaib ini. Sangat sangat informatif, sekaligus menghibur. Bersamaan tari dan lagu, di layar background dijelaskan design inovatif pada Zenbook DUO. 

Yaitu dibekali dua layar 14- inchi 3K 120 Hz ASUS Lumina OLED, guna menghadirkan visual terbaik, mendongkrak produktivitas secara maksimal. Btw, dua layar 14-inci resolusi 3K 120Hz ASUS Lumina OLED, kalau dibentangkan setara 19,8-inci.


So, pengguna tetap bisa bekerja secara outdoor,  karena desain laptop yang sangat fkleksibel, mudah, dan nyaman digunakan.  Mulai port dan konektivitas sangat lengkap, ada lima mode penggunaan yang fleksibel.

Yaitu Dual Screen Mode – dua layar digunakan penuh dan kontrol keybord fisik secara nirkabel ; Desktop Mode – dua layar vertikal posisinya berdampingan ; Laptop Mode – penggunaan layaknya laptop clamshell ; Mode laptop with Virtual Keyboard – yaitu menghadirkan keyboard virtual melalui screenXpert ;  dan Sharing Mode – pengguna berbagi layar dengan orang lain. 

Produktivitas Zenbook DUO (UX8406) ditingkatkan melalui AI, dibekali NPU (Neural Processing Unit) terintegrasi prosesor Intel® Core Ultra 7. NPU bernama Intel® AI Boost , membuat perangkat tampil lebih gesit, lebih hemat daya, dan lebih pintar memproses aplikasi berbasis AI.

Selega itu Bekerja dengan Laptop Dua layar ASUS Zenbook DUO


Acara launching semakin meriah, dengan kehadiran dua guest star ternama, adalah Wingky Wiryawan dan Wulan Guritno. Wingky sangat energic,  tampil dengan skil DJ yang keren. Begitupun Wulan dengan pesona anggun berkelas, merepresentasikan brand Zenbook DUO.

Kedua guest star ditantang dadakan membuat team, yang kemudian mengikuti kuis. Ada dua teman konten kreator, terpilih menjadi team Wingky dan Wulan. Menjawab sepuluh pertanyaan dibacakan Donna Agnesia, semuanya seputar produk ASUS Zenbook DUO (UX8406). 

Produk knowledge begitu dikuasai keduanya, menghasilkan scor seimbang. Team Wulan meraih nilai 5 juta , demikian pula team Wingky mendapatkan nominal yang sama. Selamat, buat teman-teman yang beruntung.

Saat ditunggu-tunggu tiba, setelah Frank Wang, Consumer BDM of ASUS Indonesia naik ke panggung. Yaitu secara resmi mengumumkan harga ASUS Zenbook DUO (UX8406), dibandrol Rp.33.999.000,-.

Sementara itu ASUS Zenbook 13 OLED (U53O4MA-OLEDS711/712) diharga  Rp.25.999.000,- ; ASUS Zenbook 14 OLED (UX34O5MA- OLEDS714T) Rp. 21.999.000,- ; dan ASUS Zenbook 14 OLED (UX34O5MA- OLEDS511/512) dibandrol Rp. 17.299.000,-.

Masih menyoal, laptop dua layar terbaik di dunia. Zenbook DUO (UX6804) didesign sangat inovatif, keyboard bisa dilepas diberdirikan dengan penyangga khusus. Sebagai laptop Intel® Evo™ Edition, menggabungkan kemampuan multitasking dengan mobilitas superior dalam bodi ringan. Bobotnya hanya 1,35 kg dengan ketebalan hanya 14,6 mm.

Design yang sedemikian ringkasnya, demi kemudahan pengguna membawa saat bepergian. Dengan mengusung teknologi ASUS Lumina OLED, tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, memiliki color gamut 100% DCI-P3 untuk warna terbaik dan akurat.

Layar ASUS Zenbook (UX6804) mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500, yang mendukung teknologi touchscreen. Sehingga dapat digunakan bersama stylus ASUS Pen 2.0, yang memberikan input secara presisi.

Design keyboard mudah dilepas (detachable), memudahkan dibawa bepergian dengan pengisian daya secara otomatis. Terutama ketika perangkat. Sedang digunakan pada kondisi laptop mode. Dan keyboard akan otomatis beralih koneksi Bluetooth, saat dilepas dari bodinya.


Sebagai laptop Intel® Evo™ Edition, ASUS Zenbook DUO (UX6804) dibekali prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H dengan chip Intel® AI Boost NPU, hadir secara spesifik untuk memproses aplikasi yang menggunakan AI.

Prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H dibekali chip grafis Intel® Arc™ , guna menghadirkan performa hingga dua kali lipat dibanding dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya. Chip grafis Intel® Arc™ didukung teknologi grafis modern (real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine), selain mengakselerasi pemrosesan grafis, juga memperlancar video encoding.

So, bekerja dengan laptop dua layar, bisa banget. Emang boleh, selega itu bekerja dengan laptop dua layar? Ya, boleh banget. Untuk pembelian ASUS Zenbook DUO (UX6804), kalian bisa klik di SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA