25 Jul 2023

Berburu Kuliner Betawi tidaklah Susah


Setelah merantau di ibukota, saya lumayan akrab dengan kuliner Khas Betawi. Beberapa diantaranya, bisa dibeli dan dinikmati saban hari. Penjualnya juga banyak, mulai warung kaki lima, rumah makan kelas menengah sampai sekelas restoran, ada yang menjual menu Betawi.

Saya merangkum, beberapa kuliner khas Betawi. Menilik namanya tentu sangat familiar harganya dijamin pas di kantong.

Nasi Uduk Betawi ; Saya yakin, sebagian besar kita sudah familiar dengan nasi uduk. Makanan khas Betawi, yang sangat mudah ditemukan di berbagai sudut ibu kota dan kota penyangga. Biasanya dijadikan menu sarapan, dengan menu yang sangat khas.

Selain itu, nasi uduk bisa ditemui malam hari. Menunya lebih bervariasi, dan lapaknya juga beda. Nasi uduk malam hari, biasanya harganya lebih mahal (dibanding menu sarapan). Lapaknya di depan ruko atau tenda, lumayan ramai pembeli. 

Nasi uduk adalah nasi putih biasa, saat setengah matang dicampur santan, daun salam, garam dan lengkuas dan diolah sampai matang. Nasi uduk baunya harum, apalagi kalau dikukus sampai tanak. Selain sudah gurih nasinya, lebih lengkap dengan taburan bawang goreng.

Menu yang paling umum, adalah tempe orek, bihun/ mie goreng, telur (disemur/ balado), tahu tempe (semur/goreng). Kriukan dari krupuk, membuat semakin seru bersantap nasi uduk.

Gado-gado dan Kredok Betawi ; Gado-gado versi betawai diberi nama karedok, bedanya sangatlah tipis. Kalau sayuran bahan gado-gado dikukus, maka untuk karedok berbahan sayuran segar (alias mentah).

Bahan sayuran disiram bumbu (saus kacang), bumbu keduanya sama yang membedakan pada karedok ditambah kencur dan bawang putih.  Karedok Betawi cocok disantap siang hari,

 


Ketoprak Betawi ; Ketoprak Betawi, makanan khas bisa disantap setiap waktu. Ada yang dijual dengan gerobak dorong, ada yang mangkal, ada yang memakai lapak permanen. Harganya sangat bersahabat, cocok untuk menu berhemat.

Bahan ketoprak adalah ketupat, tahu, bihun, mentimun, taoge, dilengkapi dengan saus kacang  ditambahi kencur dan kecap.  Taburan bawang goreng, mempermanis penampilan ketoprak. Biar makin seru, disantap bersama kerupuk bawang –bentuknya bulat kecil—atau emping melinjo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA