21 Jun 2017

5 Pilar CSR Semen Merah Putih



Keripik Pisang Semen Merah Putih -dokpri

Pekan terakhir di bulan Ramadan, jurnalis dan blogger mendapat kesempatan istimewa. Hadir dalam undangan gathering sekaligus Buka Puasa, bersama Semen Merah Putih di kawasan Jakarta Selatan.
Semen Merah Putih  (selanjutnya ditulis SMP ) di bawah PT Cemindo Gemilang, berdiri pada tahun 2011 sebagai produsen semen berkualitas premium. Saya pribadi sudah mengenal brand Semen Merah Putih, melalui beberapa kegiatan campaign yang diadakan.
Bapak Sigit Indrayana selaku Corporate CSR dan PR SMP hadir dalam acara gathering dan buka puasa bersama, menjelaskan, “Pabrik SMP di Bayah Banten sudah terintegrasi, dengan kapasitas produksi 4 juta ton per tahun, dilengkapi mesin mutahir berstandar Eropa dan proses supply chain yang lengkap. Selain Pabrik utama di Bayah Banten, terdapat pabrik penggilingan (Grinding Plant) di Ciwandan, Gresik, Pontianak, Medan dan Bengkulu.
SMP diproduksi di Bayah mulai akhir Desember 2015,  namun sebelumnya sudah beredar di pasaran dan diberi ijin import sekalian mengedukasi pasar.
Ibarat pepatah “di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung”, SMP ingin membumi di tempat berada yaitu Banten. Tampak simbol Badak Bercula Satu terpampang di kemasan, sebagai representasi keberadaan pabrik di daerah Banten.
Sementara untuk Kerjasama Opersional (KSO) di Kupang, SMP memasang simbol Komodo yang identik dengan daerah Kupang.
Semen Merah Putih dan Ijin Sosial
Siapa sih tak ingin keberadaannya diterima masyarakat sekitar, bahkan bisa bersinergi dan memberi manfaat.
Ijin legal formal adalah sesuatu yang normatif dan keharusan, namun ijin sosial adalah sebuah challenging apalagi bagi industri pelopor di Bayah. Sehingga diperlukan Corporate Social Responsibility (CSR), bertujuan ingin menampilkan wajah industri yang ramah, masyarakat mengenal tidak hanya sebagai institusi ekonomi tetapi punya kegiatan sosial untuk menumbuhkan corporate image positif ” ujar Pak Sigit
Bapak Sigit Indrayana selaku Corporate CSR dan PR SMP -dokpri
Melalui 5 pilar  CSR, Semen Merah Putih mempunyai kegiatan community development. Kegiatan ini langsung bersentuhan dengan penerima manfaat, perlahan namun pasti menciptakan masyarakat yang lebih mandiri.
Program CSR SMP bukan bertugas menggantikan fungsi pemerintah atau dinas sosial, tetapi sebagai strategi menggalang potensi yang ada di masyarakat.


Apa saja sih 5 Pilar CSR Semen Merah Putih ?
Pendidikan
Sebelum kehadiran Semen Merah Putih, di Bayah lulusan kebanyakan adalah sarjana keagamaan, Olah Raga dan Pendidikan, sementara untuk SMK yang ada kebayakan jurusan administrasi.
Bayangkan deposit satu line SMP bisa sampai 200 tahun, pasti membutuhkan tenaga kerja yang kredibel.
Kehadiran SMP meredesign pendidikan supaya tepat guna, karena kalau semua sajana pendidikan di Bayah ingin jadi PNS  alokasinya pasti terbatas. SMP bisa menjadi multiplyer efek bagi sarjana di sekitar Pabrik, merangsang mendalami bidang pendidikan yang lain.
Para lulusan selain nantinya bergabung di SMP, bisa bermain secara kreatif di industri pendukung seperti transportasi, suplyer bahan baku, kuliner dan UKM lainnya. Bukan tidak mungkin, putra-putri terbaik Bayah yang merantau punya alasan balik kampung menerapkan ilmu yang dimiliki.
Sosial
Sebagai perusahaan penghasil semen, SMP terdepan dalam perbaikan lingkungan, fasilitas umum dan sosial.  
Program donasi semen untuk perbaikan fasilitas sosial, seperti renovasi mushola dan masjid di Banten dan sekitarnya. Selain itu perbaikan jalan desa, renovasi kantor pemenerintahan dan instansi serta pembangunan MCK.
Kerjasama dengan pemprov DKI telah diinisiasi SMP, mengadakan bedah rumah sebanyak 83 rumah di kawasan Jakarta Utara Cilincing. 
Kian batik khas badui -dokpri
Ekonomi
Pada acara Gathering dan buka puasa, kami dibagi keripik pisang dan membawa pulang batik khas badui.
Upaya cerdas dilakukan SMP utuk CSR bidang ekonomi, menggerakan ekonomi di sektor UMKM. Saya yakin masyarakat pasti sangat senang, diberi kegiatan yang merangsang peningkatan ekonomi keluarga.
Ibu- ibu punya kegiatan membatik dan atau membuat keripik berbahan pisang, bisa menjadi oleh oleh khas Bayah. O’ya keripik juga dikemas menarik dan hygenis, sehingga meningkatkan daya saing dan daya jual kepada konsumen.
Salah satu cabang SMP di Bengkulu juga terinspirasi, menyediakan bus wisata untuk mengenalkan pariwisata Bengkulu.
Kesehatan
Sejalan dengan program Provinsi Banten yaitu pendidikan dan kesehatan, bakti sosial kesehatan dilakukan SMP.
Aktif mengadakan program donor darah, memberi layanan kesehatan seperti penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan secara gratis. Donasi 1 unit Ambulance serta membuka poliklinik pabrik Bayah beroperasi 24 jam.
Lingkungan Hidup
Depan pabrik SMP adalah jalan nasional selebar 4 menter, bekerjasama dengan balai besar meningkatkan menjadi 12 meter dengan kualitas yang ditingkatkan juga. Program tak berhenti pada pembangunan saja, tapi juga melakukan perawatan 11 KM ruas jalan nasional dari depan lokasi pabrik Bayah.
Penyerahan bibit tanaman ke masyarakat, sekaligus mengajak masyarakat berpartisipasi dalam aksi bersih bersih di pantai Sawarna Bayah.
-o0o-
Saya cukup terpana dengan upaya dilakukan SMP, utamanya dalam meraih ijin sosial dari masyarakat sekitar. Melalui program-program yang dirasakan manfaatnya oleh warga, kok saya yakin ijin sosial itu akan keluar dengan sendirinya.
Tiba-tiba saya pengin berkunjung ke Pabrik SMP, ingin melihat secara langsung program CSR yang telah dilakukan. Sekaligus ngobrol langsung dengan masyarakat sekitar pabrik, perihal benefit yang dirasakan dengan kehadiran SMP –semoga bisa teralisasi amin.
Sukses selalu untuk SMP dan kegiatan CSR nya, kalimat “di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung” tak lagi sekedar pepatah tapi sedang diaplikasikan SMP.

6 komentar:

  1. Wahh keren program csr semen putih, ayook ajak saya ke banten jga mas agung sambil jalan2 wkwkwk

    BalasHapus
  2. Bener juga nih, program CSR merupakan salah satu cara agar mendapatkan ijin sosial dr masyarakat sekitar tempat perusahaan itu berada ya, Mas :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas liputan Program CSR Semen Merah Putih. Kami sangat senang teman-teman Blogger dapat memberikan apresiasi positif terhadap 5 pilar CSR di PT. Cemindo Gemilang selaku produsen semen di Indonesia dan pemegang merek Semen Merah Putih. Kami dengan senang hati dapat mengundang teman-teman Blogger untuk mengunjungi pabrik semen kami, khususnya pabrik semen terintegrasi di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Pabrik semen tersebut berdiri di dekat area wisata Pantai Sawarna dan tepat menghadap Samudera Hindia yang menawarkan keindahan alam yang fantastis, bahkan posisi pabrik Bayah tepat menghadap lokasi matahari terbenam (sunset), jadi teman-teman Blogger bisa mengabadikan momen indah di pabrik kami dengan latar belakang warna kuning keemasan dan merah menyala pada saat sunset. Amazing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih pak Nugraha Amijaya, sudah berkenan berkunjung di artikel saya. semoga tulisan sederhana ini bermanfaat amin

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA