28 Feb 2016

Menjadi CJ NET dari Jalan-Jalan Masa Kini Episode Cirebon


Saya tak menyangka, bisa bergabung dalam NET Jalan-Jalan Masa Kini Episode Cirebon.  Bermula seorang teman baik mengirim WA,  untuk acara akan digelar pada 25 - 27 Februari 2016. Memang sebelumnya saya pernah datang, untuk acara launching  beberapa program NET. Bisa jadi kehadiran saat itu, menjadi pertimbangan diajak terlibat kembali. (tapi itu hanya perkiraan saya #abaikan)
Bersama Sultan Cirebon (dokumentasi Netmediatama)

Kamis, 25/2'16
"Pak pakai jas hujan ya" tawar driver OK-Jek #Eh
Saya tolak dengan halus, mengingat hanya gerimis kecil saat posisi di daerah Rempoa. Sampai daerah Senayan gerimis berubah agak rapat, saya bersikeras tetap tak pakai mantel. Apalagi tak terlalu jauh sudah sampai tujuan, memakai pelindung hujan justru memakan waktu.
Kebiasaan saya pergi berroda dua tertunda dulu, mengingat tiga hari acara di luar kota. Untuk mencapai meeting point keberangkatan, saya naik ojek sampai di Mitra Terrace Jl. Gatot Subroto. Perkiraan saya tak meleset, gerimis belum berubah menjadi hujan setelah sampai tujuan (alhamdulillah).
Tampak berkumpul dengan kaos NET di Mitra Terrace, saya berkesimpulan pasti team yang akan berangkat ke Cirebon. Setelah saling sapa dan berkenalan, barulah saya tahu semua peserta dari media dan saya hadir sebagai blogger.
Perjalanan menuju Cirebon dimulai, sekitar pukul 10 lebih sedikit. Selama perjalanan panitia menyegarkan suasana, dengan kuis "Berpacu Dalam Melodi". Acara yang dulu tayang di TVRI, kembali tampil kekinian di NET. Tebak lagu digelar, dan saya termasuk lelet mencerna lagu (hehehe). Satu lagu seberapa pantas dari Sheilla on 7, mengantar satu kaos bertulis NET ke dalam tas.
Serangkaian kegiatan terjadwal, dalam itinirary yang dibagikan panitia. Kunjungan ke beberapa tempat, tentu membuat acara semakin menarik.
Ini kelas yang TeOPe !
Thomas Herda, selaku Senior Producer NET  hadir dalam sesi presentasi Citizen Jurnalism (Cj). "Everybody Can Be A Citizen Journalist" ujar Thomas
Siapapun bisa mengirim liputan, mulai dari kejadian yang ada disekililingnya. Karena tak mungkin semua kejadian, bisa diliput langsung oleh wartawan. Seperti kasus kecelakaan pesawat transAsia di Taipe Taiwan, dan dulu saat tertabraknya menara kembar di USA atau saat pesawat Hercules jatuh di Medan adalah video kiriman warga.
Sesi Talkshow bersama Thomas Harda (dokpri)
Cj sebagai bentuk ajakan dari NET, agar pemirsa peka terhadap keadaan sekitar. Apalagi kalau mengetahui fasilitas umum, ternyata tidak berfungsi sebagaimana mestinya (istilahnya Publict affair). misalnya halte rusak, jembatan yang sudah tak layak dan sebagainya. Hal-hal seperti ini, yang tahu adalah masyarakat pengguna fasilitas tersebut. Kondisi dilapangan tentang layanan publik, akan diteruskan pada pihak terkait untuk melakukan penanganan.
Cara mengirim Cj juga sangat mudah, membuka netcj.co,id atau bisa download aplikasi netcj di aplikasi android. Anda cukup merekam kejadian, setelah itu upload ke netcj beri keterangan. Untuk penambahan musik dan narasi video, akan dilakukan oleh redaksi NET.
Di bayar ga?
Jangan kawatir, setiap video yang ditayangkan NET akan mendapat apresiasi dengan nominal yang disesuaikan. Untuk wilayah indonesia Rp.250 ribu, kecuali Papua Rp.500 ribu. Untuk asean Rp.500 ribu, timur tengah Rp.750ribu, afrika Rp.1 juta.
Liputan berupa apa saja?
Bisa kuliner, wisata, humaniora, publict affair, apalagi yang paling bagus adalah video moment.
Contoh video moment, adalah jatuhnya pesawat Hercules atau transasia. Moment sangat mahal ini, tentu akan diapresiasi tidak murah oleh NET.
Media untuk merekam tak perlu mahal, cukup smartphone yang kita miliki. Durasiya bisa  antara 1-2 menit, kalau memang momentnya bagus bisa lebih lama. Nanti team redaksi NET, akan melakukan proses editing apabila dianggap perlu.
Thomas Harda membagi tips, agar gambar bisa maksimal ;
- Pilih posisi smartphone landscape untuk merekam gambar, posisi potrait membuat gambar tidak bagus di layar televisi terutama bagian pinggir kosong.
- Jangan Rolling tapi buat frame on frame selama 5 - 7 detik (bahasanya teknis ya).  Simplenya begini, kalau ingin mengambil gambar burung diatas pohon, kemudian berpindah ke bawah pohon. Sebaiknya kamera dipause saat ganti gambar, jangan terus direkam saat perpindahan dari atas pohon ke bawah.
- Agar gambar stedy (tidak goyang), tahan nafas 5-7 detik saat focus ke object.
- Tahan lengan diperut sebagai pengganti tripod, saat gambar bergeser biarkan pinggang saja yang bergerak sementara kaki pada posisi tetap.
- Terus praktek dan praktek, agar kemampuan terus berkembang.
00o00
Ilmu baru yang saya dapati, tentu sangat bermanfaat. Terlebih Jalan-Jalan Masa Kini episode Cirebon, memberi tantangan peserta membuat Video CJ.
Besok hari kedua peluang membuat Video CJ, peserta menjelajah berbagai tempat Cirebon. Yap tiga lokasi menjadi tujuan, yaitu Gua Sunyaragi, Keraton Kasepuhan Cirebon, Museum Linggarjati. Tentu tidak akan saya sia-siakan, sembari belajar membuat reportase berupa video.
Andapun bisa lho kawan's,
Kalau masih bingung bisa praktek sambil belajar, atau  melihat contoh video dengan klik netcj.coi.id. siapa tahu dari video anda, membawa perubahan positif bagi lingkungan. (salam)

 note : slide keseruan Jalan-Jalan Masa Kini Episode Cirebon (dok netmediatama)

20 komentar:

  1. Keren nih imunya, btw, video dengan smartphone bisa nggak ya? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai smartpone sangat bisa bu
      98% cjnet pakai handphone lho
      selamat berkarya, salam :)

      Hapus
  2. Tahan lengan di perut sebagai pengganti tripod?!? okeh... cucok buat saya....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheee
      saya juga kok mas Ghumi :)
      salam

      Hapus
  3. Wow keren nih NET Mas Agung, ada peluang keren nih :)

    Tipsnya boleh juga nih Mas Agung. Thanks sudah di share :)

    BalasHapus
  4. Bagus buat para TKI nih 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak Okti
      banyak Diaspora yg menjadi cj
      coba buka aplikasi cjNET
      salam sukses

      Hapus
  5. wah asyik banget jalan2nya makasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Mbak, gabung menjadi cjnet
      dapat reward lagi hehehe
      salam :)

      Hapus
  6. Wah keren banget nih. Itu video pake viva video ya, aku kadang juga pake itu, cuma masih agak bingung kalo mau nyisipin tulisan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tulisan, nanti ada kolomnya sendiri disediakan di aplikasi cjnet mbak
      Jd videonya ga perlu diotak-atik
      Salam ;)

      Hapus
  7. Wahh...asiknya halan-halan haratis. Betewe, bagus juga nih CJ kontribusi diberi harga, mantabs.

    BalasHapus
  8. Wah.. seru ya.. Trims mas kebagian ilmunya juga kebagian informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih Bang Lius
      sudah berkunjung
      salam

      Hapus
  9. wah...nggak sabar nunggu tayangannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di program berita, pasti ada cj nya mbak
      salam

      Hapus
  10. pengen nyoba,,, selama ini kalau jalan-jalan cuma jeprat jepret doang. besok-besok di rekam ah.. thanks infonya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan Mbak
      salam sehat dan sukses amin

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA

Daftar Blog Saya