6 Nov 2021

QRIS Mendorong Inklusi Keuangan untuk Transformasi Digital

 


Bhinneka, pemimpin B2B e-Commerce di Indonesia menambah alternatif metode pembayaran untuk akses ekonomi yang inklusif dan digital.

Sekaligus mendukung percepatan transformasi digital di berbagai daerah Tanah Air melalui program Mini Marketplace untuk UMKM.

 

Mulai September 2021, telah diterapkan sistem pembayaran Quick Response Code Indonesia (QRIS) di platform andalan.

Dengan QRIS, pengguna bisa melakukan pembayaran dari berbagai aplikasi layanan keuangan. Baik perbankan, aplikasi mobile banking, termasuk aplikasi bank-bank pemerintah daerah; aplikasi fintech maupun dompet digital.

 

Secara teknis, pemindaian kode QRIS bisa dilakukan secara langsung (kode QRIS dipindai melalui kamera ponsel yang terpasang aplikasi pembayaran).

Atau dengan cara menyimpan foto kode QRIS untuk diunggah secara manual sebelum tenggat transaksi kedaluwarsa.

 

Pemberlakuan QRIS sebagai standarisasi pembayaran menggunakan QR Code diterapkan sejak 1 Januari 2020. Hingga 17 September 2021, BI mencatat setidaknya terdapat 10,45 merchant pengguna yang tergabung dan 96 persen didominasi oleh UMKM.

Data ini menjadi dorongan optimis bagi BI untuk mencapai target 12 juta merchant pengguna QRIS di akhir tahun.

 

Tak hanya itu, transaksi yang terlacak melalui sistem QRIS mengalami pertumbuhan pesat mencapai Rp 9 triliun atau meroket 214 persen secara year of year (yoy).

Berdasarkan karakteristik QRIS, baik pelanggan dan merchant diuntungkan dengan penggunaan sistem pembayaran tersebut.

 

Saat akan melakukan pembayaran, pelanggan dapat memilih opsi QRIS dan melakukan scan kode.

Apabila melalui ponsel, kode QRIS dapat disimpan terlebih dahulu sebagai foto di galeri, lalu pembayaran dapat dilakukan dari aplikasi perbankan, fintech pembayaran atau dompet digital yang memiliki fitur pindai QR Code untuk melakukan transaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA