3 Mar 2016

JNE Hadir dengan Inovasi Kekinian #JNE7Magnificent


Launching JNE 7 Magnificent (dokpri)
"Siang Pak saya dari JNE, mau antar Paket" suara dari ujung sana terdengar sesaat setelah handphone diangkat.
"Saya masih belanja Pak, tunggu sebentar lagi pulang" balas saya.
Pada Sabtu siang ringtone handphone berbunyi, terpampang nomor yang belum dikenal. Rupanya petugas JNE menghubungi, paket yang saya tunggu hendak diserah terimakan.


Saya pribadi tidak bisa menjamin, kata sebentar itu arrange-nya sampai berapa lama. Bersama anak dan istri sedang di supermarket, membeli barang kebutuhan rumah tangga. Belum lagi musti antre di kasir, bisa- bisa satu jam lebih menyelesaikan urusan.
Namun kala itu saya mengambil sikap lain, pulang dulu meninggalkan anak istri di Supermarket. Agar  si bapak petugas JNE, cepat bisa meneruskan tugasnya mengantar ke tempat lain.
Apalagi sang petugas, sudah kali ketiga datang ke rumah dalam keadaan terkunci. Saya sudah berupaya check via website, status barang dikirim namun penerima tidak ada.
Memang betul, saat petugas JNE datang  rumah sedang kosong. Pada saat yang sama pula, kebetulan rumah tetangga juga sedang tekunci. Alhasil paket tidak bisa diserahkan, terpaksa petugas menjadwal ulang  lain waktu.
Coba bayangkan, kalau hal serupa terjadi pada sekian ratus customer. Belum lagi kalau misalnya customer tinggal di apartment, ada peraturan pengelola yang cukup ketat. Wah Pasti ribet, ribet dan ribet !
Sesampai dirumah kemudian barang saya terima, kotak pembungkus bentuknya sudah berubah. Sudahlah saya tak mempermasalahkan, karena memang bahan pembungkus bukan kertas karton/ kardus.(kertasnya seperti box snack)
Saya mencatat sudah tiga ketidakenakkan ;
1. Paket tidak segera diterima, karena tidak bisa papasan ketemu.
2. Packaging sudah berubah bentuk, karena bahan kardusnya ringkih
3. Sudah melewati batas waktu kirim.
Akhirnya saya menemukan pencerahan, demi menghindari ketidaknyamanan yang saya mungkin konsumen lain pernah rasakan.
00o00
Pada  Senin 29 Februari 2016, JNE meluncurkan program JNE 7 Magnificent (7 yang mengagumkan). Saya bersama rekan blogger dan Jurnalist, menjadi saksi kemeriahan acara di Epicentrum tersebut. Meski diluar langit terlihat gelap, buktinya kursi undangan tetap terisi penuh.
Kemal sang pembawa acara, naik ke panggung membawa kardus Paket JNE. Rupanya lelaki bertubuh tambun ini, berperan sebagai petugas pengiriman. Mencari nama bu Indah, identitasnya berbaju polkadot. Akhirnya yang dicari ketemu, blogger bernama Windah Saputro. Setelah Paket dibuka, ternyata isinya voucher belanja.
Gimmic yang berhasil memancing suasana segar, kemudian voucher dipersembahkan lagi. Bagi undangan yang jumlah followernya banyak, akhirnya jatuh pada blogger Uci Junaedi yang memiliki 30rb pengikut di twitter. Uci juga diperkenankan wefie, dari panggung bersama Presdir JNE. (Seruu!!)
Mohammad Feriadi, selaku Presiden Direktur JNE menyampaikan dalam sambutannya  "Pada  tahun 2016 perusahan melakukan investasi, sebesar Rp.400 miliar di bidang infrastruktur serta Rp.55 miliar untuk pengembangan teknologi.  Kami percaya untuk memperkuat perkembangan bisnis, maka penguatan di sektor teknologi dan infrastruktur memainkan peran sentral.  Pertumbuhan dunia digital melahirkan konsumen kritis dengan kebutuhan akan distribusi barang yang beragam, sehingga JNE sebagai perusahaan jasa pengiriman ekpres dan logistik nasional yang telah 25 tahun melayani kebutuhan tersebut, beradaptasi dengan menciptakan layanan yang adaptif dan inovatif. Kami juga sadar pentingnya kreatifitas, dalam menumbuhkan terobosan pada aspek layanan serta penguatan kemitraan strategis guna memaksimalkan produk, Hal ini yang mendasari komitment kami untuk berinvestasi dalam jumlah yang signifikan tahun ini".
Illustrasi Dokumen Pribadi
Kawan's, apa saja ya 7 Magnificent ? Yuk cek di sini
1. MyJNE ;
Aplikasi berbasis Android, yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE (baik pengirim atau penerima). Aplikasi ini tentu memudahkan ; mengechek tarif, melihat status pengiriman, mencari lokasi agent, dan transaksi jual beli antar penjual dan pembeli individual.
Anda ingin membuktikan? Download di SINI
Pada aplikasi MyJNE, terdapat My COD.
My COD (Cash on Digital)
Fitur ini tepat, bagi pelaku usaha onlineshop. Pihak JNE bekerjasama dengan Permata bank, untuk layanan pembayaran belanja online.
Caranya ?
- Kalau susah menjadi member MyJNE, bisa menggunakan no handphone sebagai kode unik customer. Kemudian isi informasi, pada form proses regristasi.
- Dana nasabah di MyJNE Escrow terpotong otomatis pindah ke rekening tujuan. (proses bisa dilakukan via aplikasi mobile)
-  MyJNE melakukan permintaan, penarikan saldo MyJNE ke rekening bank melalui aplikasi mobile. Saat Settlement, JNE Kasir melakukan pemindahbukuan dari rek JNE ke rek. Nasabah. (transfer dilakukan secara mobile)
- Untuk Top Up saldo MyJNE bisa via ATM bank manapun, dengan memasukkan kode bank dan kode pelangan MyJNE.
2.  Pop Box ; (disediakan bagi pemilik kartu JNE Loyality Club)
Layanan bagi pelanggan yang sering tidak dirumah, bisa mengambil di locker yang lokasinya sudah ditentukan. (eh ini solusi keren)
JNE-Pop Box  saat ini sudah ada di 32 lokasi di Jakarta dan akan terus berkembang, tersebar di pusat perbelanjaan, stasiun kereta dan kampus. Tersedia 5 dimensi ukuran PopBox, yaitu  XL (Extra Large), L (large), M (Medium, S (Small) dan XS (extra Small).
Teknisnya ;
- Pelanggan ke agent JNE terdekat, memilih jenis/ type PopBox sesuai besar barang.
- Memilih lokasi PopBox
- Mendapat notifikasi melalui sms, kode untuk membuka loker
- Penerima mendatangi PopBox yang dipilih, dan membuka dengan kode yang sudah diberikan pengirim.
3. Ad Box Pre-Paid
Kardus atau kotak box yang diterbitkan JNE, sebagai pendukung pengiriman barang. Kardus ini diperjualbelikan, untuk pengiriman di wilayah DKI Jakarta. (Harga box sudah termasuk ongkos kirim)
Sebentar kawan's, rasanya 3 magnificent yang baru diuraikan adalah jalan keluar atas kasus yang saya ceritakan di awal tulisan.
Jadi tak lagi saling tunggu, dengan petugas pengiriman JNE karena ada PopBox kemudian kotak pembungkus aman dengan kardus JNE. Satu lagi untuk mengecek kiriman, bisa lewat aplikasi MyJNE.
Aplikasi MyJNE dan PopBox (dokpri)

Yuk, lanjut pada Magnificent berikutnya ;
4. Layanan CD Music
Bentuk dukungan JNE terhadap music Indonesia, sekaligus mengencarkan kampanye Stop Pembajakan.
5.JNE Trucking
Layanan pengiriman melalui jalur darat untuk wilayah Sumatera, Jawa dan Bali, berat minimun paket adalah 10 kg. Truck yang digunakan, berjenis Double Decker sehingga paket lebih aman. Cocok juga kalau mau pindah keluar kota, atau kirim barang berat baik dalam jumlah sedikit atau banyak.
6. JNE International Shipment
Pengiriman ke luar negeri, dengan tujuan negara- negara Asia Pacifik, seperti Singapore, China dan Hongkong.
7. Promo JNE Super Speed (SS)
 Berlaku untuk walk in customer yang datang di 28 kantor perwakilan di Jakarta atau yang paketnya di-pick up. Tarif  berlaku masa promo adalah 40 ribu 10 kg pertama berikutnya 4000 x 9 kg berat selanjutnya. Promo mulai 8 februari sampai 7 maret 2016, pukul 08.00 -15.00 wib, khusus pengiriman dari dan tujuan Jakarta.
0oo0
Blogger dan Jurnalis dalam acara JNE 7 Magnificent (dokpri)
 JNE 7 Magnificent, benar-benar menjawab kebutuhan konsumen yang mengutamakan kenyamanan. Perkembangan teknologi dewasa ini, tentu dapat dimanfaatkan untuk mempermudah aktivitas sehari- hari. Apalagi  saat ini sudah tersedia jaringan internet 4G, bahkan di beberapa public area dapat diakses secara free. Fenomena ini dengan cepat ditangkap JNE, menghadirkan MyJNE melalui aplikasi berbasis android.
"Sebagai perusahaan yang terpercaya, kami berkomitment untuk terus mendukung perkembangan industri logistik di Indonesia. Hal ini selaras dengan komitmen pemerintah untuk menitikberatkan pada sektor perdagangan, dimana JNE menjadi salah satu penyokongnya. Kami akan terus berupaya untuk membangun layanan yang mengakomodasi kebutuhan pengguna yang terus berubah dengan cepat. Adaptasi terhadap situasi tersebut kami tuangkan dengan semangat melahirkan terobosan produk yang baru dan inovatif" pungkas Mohammad Feriadi,
Hadir pada peluncuran JNE 7 Magnificent, para petinggi dari Permata Bank,  Andrian Lin Co Founder PopBox dan KAMI (Kirai Adiwarna Musik Indonesia). Kemeriahan acara semakin terasa, dengan pembagian doorprice. Dua rekan journalist dan dua blogger membawa pulang smartphone. Pada ujung acara, diumumkan juga pemenang live twit dan live Instagram.
Seperempat abad perjalanan JNE terlewati sudah, pengalaman yang terlewati menorehkan prasasti. Semoga ke depan semakin berjaya, tak henti berinovasi dan terus berprestasi. (salam) 

22 komentar:

  1. sayang kemarin ada masalah pencernaan dan membuat limbung badan, jadi urung hadir. Saya lebih suka ke JNE, kalau mau kirim apapun, entah mengapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga cepat sehat mbak Astin
      salah sehat dan sukses

      Hapus
  2. Wah..... JNE Keren banget ya programnya. Terutama My COD itu. wah... pengen punya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk download MyJNE di android mbak
      rasakan pengalaman baru
      salam :)

      Hapus
  3. Ah padahal mau ikut waktu itu :')
    Terima kasih, Mas, sudah share isi acaranya. Jadi lebih paham hehehe padahal sering pakai jasanya tapi baru benar-benar tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih sudah berkunjung Mbak Pertiwi
      salam sukses

      Hapus
  4. temen saya dikirimin gelas mug pada pecah wkwkwkw,,, emg iya sih klo pecah belah harus di pack yang baik....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, jangan2 tuh gelas buat beli bubur yak
      #eh #abaiakan
      :)

      Hapus
  5. Sangat membantu ya My JNE .

    BalasHapus
  6. Kalau ngirim paket ke luar kota, saya suka pake jasanya JNE. So far, ga mengecewakan. Wih, layanan ad bo prepaidnya asik, tuh. Suka pusing kalau mau ngemas barang. Semoga layanan ini segera hadir di Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga Bandung segera menyusul ya mbak Efi :)
      salam

      Hapus
  7. Buat saya yg tinggal di kota kecil, JNE ini dewa penolong banget. Soalnya bisa dapat barang-barang keren yang sama dengan yang dipake orang kota ya dengan jasa JNE.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah mantap Mbak Widyanti
      salam sukses

      Hapus
  8. Wah ada foto saya hihihi maaf jadi gagal fokus
    Emang keren deh aplikasi MyJNE

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dunkk, bloger Ngehitz gt loohh
      heehee
      salam sehat dan sukses mbak Tia :)

      Hapus
  9. dati dulu langganan kirim paket customer pakai JNE, pernah kirim stroller pakai biaya JNE Trucking, lbh murah tapi mmg agak lama sampenya.. banyak deh suka dukanya sama JNE, semoga makin sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. smoga inovasi baru JNE, bisa membuat customer semakin nyaman
      aminn

      Hapus
  10. langsung coba download aplikasi MYJNE nya nih, makasih ya infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih Mbak Yesi
      berkenan berkunjung di artikel ini
      salam sehat dan sukses :)

      Hapus
  11. Sekarang ada layanan Pop Box nya juga, berarti semakin mengurangai keluhan penggunanya dong ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Amir M
      smoga JNE bisa maksimal melayani pelanggannya
      salam

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA