5 Mar 2016

Berwisata ke Dusun Bambu Lembang


Panorama Dusun Bambu (dokpri)
Pohon bambu kerap dijumpai di daerah pedesaan, tumbuh bergerombol membentuk rumpun.  Kalau di desa tempat saya tinggal, ada mitos temurun yang dipercaya penduduk. Pada serumpun bambu terdapat  mahkluk penunggu, biasanya menganggu orang iseng. Terlepas benar atau tidak, lama kelamaan serumpun pohon bambu lenyap. Berubah menjadi rumah penduduk, menghilangkan suasana seram.
Bambu dengan mudah didapat dengan harga relatif murah, kini mulai bertransformasi. Melalui tangan tangan kreatif disulap, dengan benda bernilai ekonomi tinggi. Aneka perabot rumah tangga, menggunakan bambu sebagai bahan dasar. Hiasan dinding, penampung nasi, tampah, keranjang, tenggok dan perabot lainnya. 
Desa di lereng Gunung Lawu Jawa Timur, banyak masyarakat tidur dengan ranjang bambu. Rumah penduduk masih menggunakan gedeg, atau anyaman bambu yang difungsikan sebagai dinding.
*****
Satu tempat wisata di Situ Lembang Bandung Barat, menamakan diri Dusun Bambu. Menuju lokasi pengunjung disuguhi pemandangan indah, alam asri jalanan menanjak dan turun. Rasa lelah seketika sirna, setelah memasuki area Dusun Bambu Family Leisure Park. 
Manusia dan alam menjadi kesatuan tak terpisah, tak ubah seperti ikan dengan air. Filosofi manusia dan alam diejawantahkan, dalam bentuk konservasi bambu. Konsep 5E yaitu Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika dan Estetika, menjadi visi yang diemban. Berangkat dari dasar tersebut Dusun Bambu berharap, dapat menjadi ekowanawisata pertama yang berada di Jawa Barat. 
Dusun Bambu sengaja menonjolkan family atau keluarga, karena keluargalah elemen terpenting dalam hidup setiap manusia. Azas kekeluargaan dikedepankan, setiap manusia (baca anggota keluarga) saling menghormati satu dan lainnya. Pun saling bertoleransi demi harmonisasi , termasuk dengan alam atau lingkungan sekitar. Dusun Bambu bertekad mensinergikan kekayaan budaya tradisional, dengan kehidupan masa kini agar "berkelanjutan".
Berada di atas lahan seluas 15 hektar, tepatnya dibawah kaki gunung Burangrang. Konon  Dusun Bambu Family Leisure Park, dulunya adalah lahan yang memprihatinkan. Pada tahun 2008 sekumpulan pengusaha Indonesia, berinisiatif memperbaiki ekosistem lahan yang rusak. Proyek Dusun Bambu dimulai menghijauan lahan yang ada, dengan menanam lebih kurang 100,000  bibit pohon.
Tahun 2012 proses konstruksi mulai dijalankan, dari kontraktor dan puluhan landscaper tercipta simphoni indah antara alam dan arsitektur. Dusun Bambu Family Leisure park selesai, dan diresmikan pada tanggal 16 Januari 2014, dihadiri berbagai pemuka masyarakat dan pengusaha serta masyarakat lokal.
****
Restaurant di atas Pohon (dokpri)

Restaurant di atas Pohon (dokpri)
Saya dibuat takjub dan kagum, dengan atmosfir yang dihadirkan. Bangunan didesign, begitu terasa sebagian besar menggunakan papan dan bambu sebagai ornamen yang dominan. Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berbeda, bisa menikmati santap siang di atas pohon. 
Kisah legendaris Lutung Kasarung menjadi inspirasi, pengelola untuk menghadirkan restaurant di pohon ini. Bentuknya juga unik dan menarik, ruangan di seeting seperti berada di rerimbunan ranting. Lutung kasaraung Restaurant menyajikan aneka menu, baik makanan ala international atau tradisional sunda. Dari tempat bersantap menu pilihan, pengunjung bisa menikmati panorama alam yang indah. Mulai dari pegunungan, hijau pepohonan, dan danua yang jernih.Bagi pengunjung yang ingin bersantap dengan lesehan, tersedia Restauran Purbasari. Berada dipinggir danau dan berderet, dibangun dengan konsep gasebo. Dengan latar belakang pemandangan pegunungan, dan udara yang bersih, tersaji aneka kuliner sunda.
Playground (dokpri)
Selain fasilitas restaurant pihak pengelola cukup kreatif, menyediakan Pasar Katulistiwa tempat belanja sayur dan buah. Selain itu banyak tersedia makanan, yang dijajakan di stand dekat arena permainan.
Bagi anak anak dijamin tak rewel,permainan yang aman tak luput dari perhatian pengelola. Dengan bahan dasar kayu, terdapat ayunan, jungkat jungkit, balok kayu keseimbangan. Tersedia juga sampan yang cukup ayah ibu dan dua anak,  untuk mengelilingi danau jernih dengan aneka ikan yang bisa disaksikan. Sarana berpetualang juga disediakan, seperti bersepeda gunung, berkebun bagi anak anak, berlayang layang, dan kegiatan fisik menyenangkan lainnya.
Tak ada salahnya anda berkunjung, apabila sedang berada di lembang Bandung. Kini tak ada lagi alasan, untuk tidak mengakui bahwa indonesia negeri yang indah.  (salam)

8 komentar:

  1. Destinasi wisata ini sudah masuk list kunjungan, semoga bisa suatu hari. Dulu pas ke Bogor gak sempat mampir kesana, jadi agak agak kecewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan yang tepat Mbak :)
      dijamin tidak nyesel hehe
      salam sehat dan sukses amin

      Hapus
  2. Saya ingin suatu saat ke sini. Tapi kayaknya jangan weekend kali, ya. Pastinya rame banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan Mbak Keke berkunjung
      salam sehat dan sukses :)

      Hapus
  3. tempatnya emang keren ya, saya aja asli Bandung belum pernah kesini ahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. O eM Gi
      Yuk Bang Dzul segera ke Dusun bambu :)

      Hapus
  4. Lembang mmg selalu menyuguhkan aneka tmp yg wajib disinggahi ya, enak bgt suasananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat Mbak Lia Lathifah
      salam sehar dan sukses amin :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA