7 Mar 2016

Indahnya Taman Begonia Lembang


Lembang memiliki suhu udara dingin, menjadi tempat yang tepat berwisata. Suasana sejuk sangat mendukung, menyegarkan pikiran dari penat melupakan sejenak kesibukan. Pada sisi lain peluang terbuka di depan mata, bisa dimanfaatkan pemilik modal. Membangun Hotel, Villa, Penginapan kelas melati, dan tak ketinggalan tempat wisata.
Taman Begonia Lembang (dokpri)
Arus wisatawan domestik dan mancanegara yang bertumbuh, menjadi alasan menambah pundi pundi para investor kelas kakap sampai kelas teri. Alam Indonesia nyata sebagai cukilan nirwana, tanaman indah beraneka memanjakan indera penglihatan. Bagi pecinta florikultura Indonesia, Lembang menghadirkan banyak taman bunga.


Taman bunga Begonia bisa menjadi pilihan, lokasi berada di jalan Maribaya tak jauh dari floating market Lembang. Aneka tanaman hias tersedia di taman ini, memenuhi areal lahan sekitar dua hektar. Bagi pecinta bunga mungkin sudah tidak asing, dengan bunga celosia, geranium, melampodium, salvia, bunga cosmos, impatiens, vinca, petunia, glexonia dan banyak lagi. Meskipun banyak nama yang masih asing bagi saya yang awam, namun banyak bunga cukup menarik untuk diamati.
Adalah Balinea atau bunga begonia Bali, hadir  dengan bunga lebat cukup menyita perhatian. Balinea adalah tanaman tropis dengan adaptasi yang luas. Cukup bisa menyesuaikan diri tumbuh, baik di dataran rendah atau dataran tinggi. Balinea cocok ditanam dimana saja, baik di pekarangan, kebun, perumahan taman kota. Warnanya yang indah sangat kontras, akan menumbuhkan perasaan senang.  Terdapat dua warna pada bunga Balinea, yaitu merah dan merah muda/ pink. Bunga Balinea juga mudah perawatannya, bisa ditanam dengan media pot, balkon atau langsung di tanah. Taman Bunga Begonia secara umum sangat aplikatif, menyediakan bermacam bunga dengan aneka warna.
Ternyata bunga begonia Bali mendominasi kebun, menjadi alasan taman ini bernama Taman Begonia.
Bunga Begonia (dokpri)
****
Selain aneka bunga yang berada taman, terdapat jenis tanaman lain yang dipelihara. Seperti : cabe, terong, terong putih, jagung, tomat, kaktus, dan tanaman lainnya. Permainan disediakan, di sudut sudut taman yang asri. Membuat anak anak betah bermain, tak ingin mengajak cepat beranjak. Ayunan dan jungkat jungkit tersedia, menambah keceriaan buah hati. Di Taman Begonia Lembang juga tersedia kegiatan outbond, arena dengan konsep “Fun Treasure Hunt” melengkapi fasilitas taman. Permainan outbound antara lain, Puzzle Treasure, Farm Trekking, Secret Passage, dan Pinnata.
Tanaman Jeruk (dokpri)

aneka flora (dokpri)
Sejumlah patung binatang tersebar, seperti gajah, badak, harimau, menjadi "sasaran" tempat berfoto. Berhimpitan dengan taman bunga, terdapat kantor pengelola. Pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman di cafe, berada di sebelah Taman begonia. Masih di lokasi yang sama terdapat galeri, tersedia tanaman hias, bibit tanaman, dan souvenir. Dengan tanda tiket masuk seharga 10 ribu, bisa ditukarkan ice lilin dengan rasa buah pilihan.
Taman Begonia Lembang bisa menjadi tujuan wisata, cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak – anak. Sebagai sarana memperkenalkan berbagai jenis bunga, pun tanaman kepada anak.

2 komentar:

  1. Terakhir ke Lembang 5 tahun lalu...tamannya belum ada kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi, taman ini baru ya mbak :)
      salam

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA