29 Nov 2021

Peluncuran Buku “Negara Polandia untuk Pemula”


Nama negara Polandia tidak asing, kalau saya mengenal karena warna benderanya sama dengan Indonesia. Tetapi selebihnya tentang Polandia, saya kurang  begitu memahami. Bagi teman-teman yang masih asing, atau ingin mengenal Polandia lebih jauh ada di sini.

Buku Negara Polandia untuk Pemula ditulis oleh pasangan suami-istri, Piotr Śmieszek dan Arun Śmieszek yang kini menetap di Yogyakarta.

Menghadirkan 13 bab, di dalamnya terangkai berbagai aspek utama yang perlu diketahui tentang Polandia. Mulai dari sejarah, tokoh terkenal, seni, pendidikan, wisata, kuliner, hingga keterkaitan antara Polandia dan Indonesia.

Di antara lkita mungkin familiar, dengan nama ilmuwan peraih Nobel Maria Skłodowska Curie, Paus Jan Paweł II,  pesepakbola Robert Lewandowskid dan Egy Maulana. Kemudian sejarah kelam kamp konsentrasi Auschwitz, Polonia di Medan, hingga bahasa Esperanto.

Ternyata diulas dilengkapi berbagai pengetahuan seputar Polandia, selama ini masih jarang diketahui, seperti Galaretka Mięsna; jeli daging Polandia, Bolek i Lolek; kartun Polandia terpopuler sepanjang masa, hingga Wrocław; bintang baru di peta Polandia.

“Buku ini bukan tentang perbedaan atau kesamaan kedua negara, bukan pula tentang orang-orang di kedua negara. Buku ini juga bukan buku yang bersifat akademis, bukan pula buku yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari di kedua negara, maupun tentang sejarah atau politik. Buku ini akan menuntun Anda untuk menemukan dimensi baru dalam bidang budaya dan wisata,” tulis Arun dalam pendahuluan bukunya.

"Penulisan buku ini telah kami rancang menggunakan uraian yang ringkas, mendalam, dan tidak bertele-tele. Misalnya bab tentang kuliner yang kami sajikan secara ringkas dan cukup untuk Anda pahami" imbuh Arun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA