1 Apr 2016

WINGS Journalist Award 2016 [Sebuah Catatan]


Blogger mengapit Bpk. Aristo Kristadyo - Group Head of Marketing Beverages Wings Food. (kiri Agung Han- kanan Dewi Sulistyawati) - dok gambar dari Fb Ani Berta
Semua serba tiba-tiba !
Sore itu seorang kawan blogger kirim pesan inbox FB, minta ijin membagikan no WA saya ke agency Wings. Saya meng-iya-kan saja sembari menerka, akan dapat undangan launching produk Wings.
"Mas besok harus datang, acara wings di Plaza Senayan"
Pesan dari nomor tak dikenal masuk via WA, Saya tak kaget pasti ada kaitan dengan ijin dari teman blogger sebelumnya. PIC agency Wings pun, saya sudah bisa membayangkan wajahnya. Kebetulan pernah bersua sekali, waktu acara di Mall daerah Jakarta Barat.

 
Sebenarnya dua hari kedepan, saya pengin rehat  di acara blogger dulu. Kebetulan ada urusan iklan, yang akan tayang pada awal bulan April. Selain itu ada rencana, pergi keluar kota untuk tiga hari bersama beberapa teman blogger. Saya habiskan waktu dengan anak-anak, sembari merampungkan PR reportase yang belum dikerjakan.
-Tapi sudahlah abaikan dulu rencana, toh acara paling setengah hari- Pikir Saya
"OK mas saya datang" balas saya via WA
Tak selang beberapa lama, WA masuk lagi menanyakan kehadiran saya. Kali ini dari beberapa nama blogger, kebetulan kami saling mengenal baik. Baru saya menilisik informasi, ternyata bukan acara launching produk tetapi "Wings Journalist Award".
Insting detektifpun muncul #halah
Saya membuka data statistik di blog, mendapati artikel yang tayang pada mei 2015 diklik dalam beberapa minggu terakhir.  Judul artikel "Perjalanan Soklin dari Generasi-ke Generasi Inovasi Tiada Henti", nampak menonjol dibanding artikel lama lainnya.
"Oooo, jangan-jangan ini sebabnya" Saya baru -Ngeh-
*manggutmanggut *biarkayakdetektif
00o00
Floridina minuman kemasan dengan bulir jeruk asli dari Florida, merupakan produk dari Wings Food. Sebuah terobosan unik dilakukan, yaitu membuat web series yang berjudul F.O.G Mission  (Floridina Origin Games). Mengisahkan 4 orang sahabat, saat berkendara mengalami kisah penculikan. Pada titik selanjutnya, audience diajak terlibat memilih jalan keluar. Bagaimana agar empat sahabat, bisa lolos dari bahaya yang mengancam.
Penasaran? Buka dan saksikan
Youtube ; FloridinaID
Website ; www.floridina.com
Facebook ; Floridina
Peluncuran cerita FOG Mission, dikemas dalam bentuk workshop dan penganugerahan Wings Jurnalist Award.
Dr. Hifni Alifahmi dan Robin Malau dua pemateri yang hadir, mengetengahkan trend digital media dan sosmed tahun 2016.
Sangat perlu  membangun brand awarness, dengan strategi pemasaran yang kreatif sesuai perkembangan teknologi dan minat masyarakat yang akan menjadi target konsumen. Menilik audience Floridina, 27% usia 18 - 24 tahun dan usia 13- 17 tahun paling banyak melakukan engagement dengan berinteraksi di sosmed Floridina.  Maka FOG sangat dimungkinkan, menarik besar minat audience floridina.
Pada puncak acara, Wings Corporation memberikan apresiasi pada jurnalist yang mengiringi kepak sayap Wings. Adapun kategorinya terdiri dari, Best Content, Best Busines Feature, Best Historical View, Best Life style Feature, Best Photo, Best Blog writing.
Penilaian 6 kategori lomba, dilakukan oleh dua juri kredibel. Adalah Suwarjono (Ketua Aliansi Jurnalistik Independent) dan Daru Priyambodo (Pimpinan Redaksi TEMPO). Pihak Wings sendiri sama sekali tidak terlibat atau ambil bagian dalam penilaian, agar penilaian obyektif, transparan, tidak ada unsur kepentingan apapun.
Nah berikut video tautan acara Wings Jurnalist Award, tapi maaf yang ditampilkan kategori blog writing saja. ( kategori lain dimenangkan wartawan & harap maklum yang nulis pengin narcis #eh hehe).
00o00
Meski kabar yang saya terima serba mendadak, sesungguhnya tak ada yang kebetulan. Semua peristiwa di atas bumi ini, sudah ada skenario dari Sang Khaliq. Tulisan yang sudah lama saya publish, ternyata justru kembali muncul membawa kejutan. Bahkan saya sama sekali tak tahu, kalau tulisan tersebut dilombakan dan menang.
Kala itu saya hanya menulis dan menulis saja, membuat reportase semampu saya bisa. Tak ada harapan menang, karena memang tak ada pengumuman dari panitia akan dilombakan.
Maka saya menyimpulkan terutama untuk diri sendiri, menulis yang  terbaik dan semaksimal kemampuan menulis. Entah itu untuk tulisan reportase acara non lomba, apalagi untuk writing contest yang disediakan hadiah. 
Semakin nothing to lose, yang saya rasakan semakin tak punya beban. Semakin ringan beban menulis, semakin terhindar rasa kecewa (meski sedikit) ketika belum menang. (salam)
Jurnalis dan Blogger pemenang Wings Jurnalist Award 2016, berfoto bersama Bpk. Aristo Kristandyo (foto oleh Chairul Huda)

20 komentar:

  1. Selamat mas. Rejeki mang gak kemana dan yang paling menyenangkan adalah apa yang di anggap biasa aja kadang memberikan sebuah kejutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih abang Timur
      sala sehat dan sukses juga amin

      Hapus
  2. Selamat Pak. Semoga berkah hadiahnya ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinn'
      terimakasih mbak Leyla
      salam sehat dan sukses amin

      Hapus
  3. Mantaps mas Agung... Sukses terusss...!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaminnn, trimakasih Kakak Ghumi
      salam sukses aminn

      Hapus
  4. setuju mas, tulisan jadi makin punya nyawa apabila menulisnya dengan optimal dari hati dan totalitas. selamat ya mas, kereeennn :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trmakasih mbak Diah Woro
      salam sehat dan sukses amin

      Hapus
  5. iya pak, saya juga kaget pas masuk nominasi :)
    btw, kameranya asyik buat acara cengbeng di pangkal pinang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Huda
      pasa mau brkt dpt kamera
      salam sehat dan sukses juga amin

      Hapus
  6. Selamat Mas... Makin tulisannya emang keren 2. Layak dapat penghargaan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih mbak Dyah Rina
      salam sehat dan sukses amin

      Hapus
  7. Siap-siap jadi model foto dengan kamera DSLR barunya hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener yak :), model kalender 1900 hehehe

      Hapus
  8. Kapan mau memotretku pake kamera baru neh hehe #ehhh

    Selamat dan sukses ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk kapan2 di foto hehe
      salam sehat dan sukses juga utk Mbak Lis dan Keluarga
      amin

      Hapus
  9. Nah ini tulisan masbro bikin inspired banget, tengkyu dan congrat atas prestasinya. Betewei saya setuju kok "Nothing to lose" dalam pasion ngeblog ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih Mbak sdh berkunjung
      salam sehat dan sukses amin

      Hapus
  10. Keren!! Selamat ya Mas...
    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak
      trimaksih sudah berkunjung
      :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA