16 Feb 2016

Yuk, Berpetualang dan Eksplorasi Safari Prigen


Gambar dipinjam dari Safari Prigen
Roda empat yang saya tumpangi berputar lambat, menyusuri jalanan beraspal satu arah. Kaca jendela ditutup rapat, sesuai peraturan yang diberlakukan. Masih ada peraturan lain, yang tetap harus kami perhatikan.  
Eits, jangan sangka saya berada di tengah kemacetan ya kawan's.
Sengaja spidometer mobil bergeser sedikit ke atas, demi eksplorasi suasana yang ada. Areal ditata sedemikian rupa, membuat berasa ada di hutan. Rerimbunan pohon hijau menghampar, menghantarkan udara segar ala pegunungan.
Beberapa kali mobil berhenti, saat ada satwa tepat di tengah jalan.  Kondisi yang ada tak membuat kesal, justru menerbitkan girang. Satu satwa mendekatkan kepala ke kaca mobil, seolah memendam rasa penasaran. Hidungnya hampir tak berjarak, hendak mengendus siapa yang ada di hadapan. Matanya berusaha menelisik, mengintip kami yang didalam.
Celetukkan antar kami terdengar, ada yang gemes ada yang geli menahan senyum campur takut. Jangan khawatir terjebak satwa kawan, petugas siap sedia menghalau apabila dikira situasi sudah menganggu.
Saya sedang ada di  Safari Prigen !
Pengalaman bersama teman kantor di Surabaya, mengunjungi Taman Safari Indonesia II tepatnya di Prigen Pasuruan. Menjadi kali pertama mendapati konsep unik, setelah kerap menyaksikan Kebun Binatang  pada umumnya.
Setelah pindah ke Jakarta, beberapa kali saya mengunjungi Taman Safari Cisarua Bogor. Konsepnya sama dengan Safari Prigen,  yang berada dalam satu group bersama Bali Safari & Marine Park.
Kawan's
Safari Prigen berlokasi di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Berada di atas lahan lebih dari 350 Hektar, paling luas diantara dua tempat lainnya (Cisarua & Bali). Saat ini  Safari Prigen, memiliki lebih dari 200 spesies satwa dan lebih dari 3.000 satwa. Koleksi satwa berasal dari Afrika, Amerika, Australia, India dan Indonesia. Menilik dari jenis dan  asal satwa, Safari Adventure mempersembahkan 3 Zona Satwa (Amerika-Eropa, Asia dan Afrika) pada pengunjung.
Anda pecinta satwa, Ingin menggendong macan?
HAH !! gendong macan?!@#!? Ya benar, menggendong macan atau dipangku trus diabadikan.
Semua bisa terwujud, ketika anda mampir ke area baby zoo. Binatang mungil nan lucu, seperti macan, singa, orang utan dan binatang lainnya, bisa ada didekat anda sembari dibelai-belai.
Kalau Nyakar bagaimana?
Tenang ada petugas mengawasi, mungkin hanya perasaan deg-degan di awal setelahnya nagih kali ya (hehehe).
0o0
Ringkikan suara kuda bersahutan, binatang berbulu coklat tua ini mengangkat dua kaki bagian depan. Seorang berpakaian ala cowboy dengan topi khas di kepala, duduk dengan gagah di atas pelana. Ketangguhan menunggang cukup terbukti, ulah sang kuda tak membuat duduknya terjungkal. Tangan kiri memegang tali, sementara tangan kanan mengacungkan tembak ke udara.
Suara tembakan (tiruan) berdesing, demi mengecoh sekawanan perampok sedang melancarkan aksi. Keadaan yang berlangsung, tentu tak dibiarkan oleh sosok Hero.
Kota yang semula tenang damai, mendadak kacau balau penuh keributan. Satu penjahat terkena tembakan, duel menjadi tidak seimbang. Penjahat lainnya memilih mundur, meninggalkan arena menyimpan dendam pembalasan.
Bangunan bergaya country, menjadi latar peristiwa mencekam. Bar dengan pintu setengah menggantung, saat masuk engsel menggerakkan dua daun pintu. Baju bermotif kotak-kotak  untuk pemain lelaki, dan rok panjang dan lebar berlengan renda-renda. Saya seperti melihat adegan, layaknya film jadul "Little House on Prairie".
Tapi kejadian yang baru saya ceritakan, ternyata ada di Safari Prigen Pasuruan, Tempat Wisata di Jawa Timur, mempersembahkan "Journey to The Temple of Terror". Adalah pertunjukkan spektakuler yang melibatkan satwa, ledakan dan kejutan lainnya. Bisa saja pengunjung tiba-tiba panik, kekagetan terasa semakin nyata. Misalnya bom molotov (tiruan) salah lempar ke arah penonton, atau kejutan lain tak diduga sebelumnya.
Itu baru sekelumit, masih banyak pengalaman lain akan didapatkan di Safari Prigen. Arena permainan, seperti Roller Coaster, Sepeda Layang, Safari Swinger, Putri Misteri, masih banyak permainan lain dengan total lebih dari 23 wahana permainan.
Selain pertunjukkan yang saya deskripsikan di atas, masih ada Elephant Story, Jungle Stage, Tiger Stage, bridwacthing.  Pengalaman berenang bersama lumba-lumba, konon dolphin juga bisa menjadi sarana therapy autis. Masih dalam kegiatan air, Safari Water World memberi pilihan renang bersama buaya muara, ikan Arapaima Gigas. Safarai Aquatic Land, tempatnya satwa akuatik seperti Linsang, Singa Laut, Penguin Humbolt.
Gambar dipinjam dari Safari Prigen

Gambar dipinjam dari Safari Prigen

Gambar dipinjam dari Safari Prigen
Masih ada lagi kawan's, Safari Paintball War Game, 4D Cinema Zone, Elephant tracking, dan Safari Wonder tempat pengunjung membeli cinderamata khas Taman Safari.
Kalau sudah keliling berpetualang, perut mulai keroncongan. Anda bisa menikmati wisata kuliner, ada Gading Restaurant, Captain Kroc's Restaurant, Warung Deso, Safari Fried Chicken. Kalau ingin anti mainstream, tepat anda ke Tiger Cave Restaurant. Anda bisa bersantap, sembari ditemani Harimau putih.
Untuk agenda tahun 2016, akan diagendakan Safari Wild Cycling dan Safari Run. Khusus penggemar camping, ada wahana khusus berkemah. Menikmati tidur di malam hari, sambil mendengar suara satwa layanya di tengah hutan.
Wah Keren, Keren dan Keren !
Rsanya tak ada lagi alasan menunda, segera ambil kalender dan atur jadwal. Nikmati petualangan seru, Safari Prigen How Close You Are. (salam)
video - self create , source music from youtube library

6 komentar:

  1. Berenang sama buaya dan camping. Aiiihhh...
    Ngarep ada yg bayarin ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada yg bayarin, ajak-ajak ya mbak hehehe
      salam sehat dan sukses aminn

      Hapus
  2. Mau kesini ajak" Mas Agung hehehe

    BalasHapus
  3. Wah.. Pastinya seru.. Menikmati alam lepas ditingkahi hewan liar... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang Lius terimakasih sudah berkunjung
      salam sehat dan sukses

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA