Senin, 02 April 2018

Atasi Gangguan Saluran Pencernaan dengan BioPlus


BioPlus dari CNI Indonesia - dokumentasi pribadi


Seorang teman yang cukup akrab pernah mengeluh, kalau stres efeknya merembet pada gangguan saluran pencernaan.
Biasanya stres bisa menyerang, saat si teman ini berada pada situasi tertekan. Seperti target kerja yang belum tercapai, tidak siap presentasi dan lain sebagainya.

Sejak kenal dengan BioPlus dari CNI Indonesia, tak sabar rasanya ingin menyampaikan kabar menggembirakan.
BioPlus, produk probiotik kombinasi tepung buah alami dengan kultur, serat makanan, oligosakarida dan sebuk Ester C Plus, memelihara kesehatan fungsi pencernaan.

“Kamu musti belajar mengelola stres,” nasehat saya.

Padahal, saya sendiri juga belum tentu bisa mengelola stres. Namanya manusia, kadang bisa bicara belum tentu sanggup mempraktekkan--hehehe.

Tidak enaknya terkena gangguan saluran pencernaan, pernah saya alami. Tubuh terasa tidak nyaman, akibat kurang istirahat dan konsumsi makanan sembarangan.

Saat BAB fases tidak padat (baca ; mencret), rasanya tidak cukup hanya sekali buang air. Perut kembung, maunya buang angin melulu.
sumber giphy

Sampai saya mendapat pecerahan, ketika membaca sebuah artikel tentang Probiotik. Ya, Probiotik solusi mengatasi gangguan saluran pencernaan.

Probiotik sebagai mikroba menguntungkan – khususnya di saluran cerna--, merupakan unsur terpenting dalam pertahanan sistem pencernaan.

Ada lebih 100 trilyun bakteri di tubuh setiap orang –termasuk dalam usus, terdiri dari bakteri baik dan bateri jahat.  

Setiap orang, memerlukan 80 – 90% bakteri baik dan 10 – 20% bakteri jahat agar kesehatan usus dapat terjaga.
Kalau terjadi sebaliknya –bakteri jahat lebih banyak--, maka orang tersebut rentan terkena diare, sembelit dan gampang terserang penyakit.

Hati- hati lho minum Antibiotik, ternyata bisa mengakibatkan efek ganda. Selain membunuh bakteri, berpotensi membunuh flora usus sehat yang membantu proses pencernaan makanan.

Probiotik termasuk kerap diresepkan dokter, sebagai upaya agar saluran pencernaan dipenuhi kembali dengan bakteri baik.
dokumentasi CNI Indonesia

Probiotik bisa didapatkan dari sayuran berfermentasi –kinci dan acar--, atau yang paling mudah ditemui adalah yogurt.

Yogurt mengandung probiotik asam laktat dalam bentuk cair,  baik dikonsumsi pada penyimpanan di bawah suhu 10 derajat. Sehingga produk tetap asam, jumlah bakteri hidup akan berkurang.

Masalahnya, tanpa sadar kita konsumsi Yogurt setelah dikeluarkan dari mesin pendingin dan tidak langsung diminum.
Tidak jarang Yogurt terpapar matahari, sehingga kandungan probiotik rusak, tidak bisa optimal dalam mengurangi bakteri hidup.

Waduh, selama ini ternyata saya salah. Kalau membelikan Yogurt buat anak-anak, baru diberikan, setelah anak pulang sekolah -- Yogurt sudah dalam kondisi suhu ruang--.

Probiotik membantu mengatasi sindrom iritasi usus yang sulit diobati, dengan gejala nyeri perut, kram, kembung.

Apakah probiotik hanya diminum oleh penderita masalah pencernaan? Tidak, siapapun – tanpa memiliki gangguan saluran pencernaan— bisa minum Probiotik.
Hal ini dilakukan, guna membantu mengelola pencernaan secara keseluruhan. Ibarat kata, pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Rutin minum Probiotik, dapat membantu mendorong bakteri jahat keluar dari usus. Usus besar yang dipenuhi bakteri baik, otomatis akan menyingkirkan bakteri jahat.

Saya punya analogi sederhana, tentang bakteri baik yang bisa menyingkirkan bakteri jahat. Hal yang sama, bisa diumpamakan dengan kondisi di dalam saluran pencernaan manusia.

Sebuah gelas berisi setengah air kotor, setengah ruang kosong sisanya diisi dengan air bersih. Maka ketika air di gelas menjadi penuh,  air yang semula kotor menjadi pudar bercampur air bersih.
Kalau gelas – dengan kotoran  yang memudar-- tersebut terus diisi air bersih, lama-lama kotoran yang mengendap di gelas tumpah berganti dengan air bersih.

Apa itu BioPlus ?
BioPlus dari CNI Indonesia, adalah suplemen sinbiotik – probiotik dan prebiotik dalam satu produk--. Berfungsi menjaga keseimbangan bakteri dalam usus, sehingga pencernaan terjaga.

Kandungan dan Manfaat BioPlus ;

  • 3 Jenis bakteri hidup –bakteri menguntungkan/Probiotik --, Clostridium butyricum, Bacillius masentericus dan Bifidibacterium breve.
  • Oligosakarida, adalah media untuk pertumbuhan Probiotik dan bakteri menguntungkan. Sekaligus menjaga keseimbangan flora dalam usus, menekan pertumbuhan bakteri merugikan.
  • Serat makanan, untuk membantu fungsi optimal pencernaan.
  • Ester C, guna menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Vitamin B1, B2, B6, untuk membantu metabolisme tubuh
  • Enzim, membantu proses pencernaan, mengatasi diare akibat banyaknya bakteri merugikan.


Saya mengerahkan usaha ekstra, membujuk anak untuk minum suplemen dan atau obat yang berbentuk tablet.
Bentuk obat padat, cukup menyulitkan anak-anak menelannya. Jalan satu-satunya, menghaluskan tablet tersebut.

BioPlus sudah berbentuk serbuk, sehingga anak-anak tidak kesulitan meminumnya, serta tidak memerlukan lingkungan khusus untuk menyimpan.
dokumentasi CNI Indonesia

BioPlus dikemas dalam stik alumunium, berguna untuk mempertahankan kestabilan bakteri.
Mengatasi perut kembung, sering sembelit, diare, kotoran bau busuk dan masalah pencernaan lainnya.

BioPlus sangat perlu dikonsumsi, oleh orang lanjut usia yang sering diare, wanita hamil yang mengalami sembelit.
Juga dianjurkan diminum, bagi perokok, peminum alkohol dan atau pengguna antibiotik, orang dengan tingkat stress tinggi. ( Pemesanan klik di Gerai CNI )

“Bro, lu perlu rutin minum BioPlus deh,” Pesan singkat saya terkirim
“Hmm, lu ngomong apaan sih Gung” Balasnya
“Lu Danang kan ? suka stres kalau dikejar target,”
“Iye, Gue Danang Prayudi temen lu kuliah,”
“Eh sori, Danang Apa kabar” saya berusaha mengalihkan topik chatting.
“Emang BioPlus itu apa?” balasnya balik bertanya

Ternyata saya salah kirim sodara-sodara, teman yang saya tuju --harusnya-- Danang Asmiaji. Nama depan yang sama,  menyebabkan saya salah pencet.
  iamge diambil dari giphy

46 komentar:

  1. Eh ini aku, kalau stress bisa jadi mules. Thank you infonya, mas. Mau coba rutin minum BioPlus

    BalasHapus
  2. Iya betul mas anti biotik kl slh minum bs berabe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya minum probiotik ya kak

      Hapus
  3. Bener.... Aku bbrp hari nginep di rumah sodara ada mantu... Susah banget bab dan pencernaan lg gak enak.. Mungkin krn banyak pikiran dan stress banyak org kali ya.. Makan jd gak enak dan jd susah bab...

    BalasHapus
  4. Wah, aku baru tau kalau antibiotik itu bisa efek ganda. Kirain sebatas menekan tumbuhnya bakteri jahat aja. Thanks for sharing ya mas!

    BalasHapus
  5. Terima kasih untuk infonya ya, bisa jadi referensi nih

    BalasHapus
  6. aku sering banget nih, biasanya pake teh pait walau efek sembuhnya agak lama.. lumayan nih ada obat khusus pencernaah hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. o gt, saya boleh coba pakai teh pahit nih

      Hapus
  7. Biasanya aku muncul gangguan pencernaan kalau kurang istirahat dan makannya nggak benar. Biasanya juga cari yoghurt sih. Nah ini ada yang berbentuk serbuk untuk pertahankan probiotik, bolehlah dicoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yogurt sudah tepat, asal konsumsinya dalam keadaan dingin (baru keluar dari fresser)

      Hapus
  8. Oooh jadi BioPlus ini bisa diminum rutin ya? Aku tahunya kalau yang obat gangguan pencernaan semacam ini cuma diminum saat ada masalah aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iay kak, sebagai fungsi pencegahan

      Hapus
  9. oh ini toh manfaatnya BioPlus. Seperti probiotik yaaa. Berarti selama ini saya udah tepat dgn rutin mengkonsumsi yoghurt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, asal yogurtnya dalam kondisi fresh from freeser

      Hapus
  10. Dapat tambahan referensi lagi nih mengenai probiotik, makasih sharingnya mas :)

    BalasHapus
  11. masuk list referensi aku nih. buat balita cocok ga mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya untuk anak dan dewasa kak, kalau balita sebaiknya konsultasi dokter

      Hapus
  12. Wah, banyak ya manfaat bioplus ini . Masuk list referensi.

    BalasHapus
  13. Probiotik memang makanan bagi pencernaan. Konsumsi Bio Plus bisa jadi solusinya ya..

    BalasHapus
  14. aku baru ngeuh ada probiotik dan antibiotik, harus tau ilmunya nih sebelum minum keduanya.
    eh mas agung slah kirim chat, kayaknya butuh probiotik nih mas.. hhe

    BalasHapus
  15. Probiotik juga buat biar ga salah kirim chat :D

    BalasHapus
  16. Daku kalau mau berangkat suka mules...sepertinya harus coba Probiotik ini

    BalasHapus
  17. Aku juga suka yoghurt, enak dikonsumsi juga bermanfaat bagi kesehatan.

    BalasHapus
  18. kalo kemasannya menarik gini ga bikin anak takut minum obatnya nih

    BalasHapus
  19. Lucu kemasannya. Kalau aku stress malah pusing kakak.

    BalasHapus
  20. kalo pencernaan gak lancar emang gak enak bener dah.. kerjaan terganggu juga

    BalasHapus
  21. Produk2 dari CNI memang sudah terbukti kualitasnya

    BalasHapus
  22. Salfok sama kemasannya, mungkin biar kid friendly ya..

    BalasHapus
  23. Ini bisa buat suamiku nih. Dia suka bermasalah sama pencernaannya.

    BalasHapus
  24. Probiotik emang cocok buat pencernaan. Duh aku mah kalo mules2 bisa stres maksimal.

    BalasHapus
  25. Jadi ga boleh terpapar sinar matahari ya mas minuman ber-probiotik itu?Wah saya baru tahu lho..Makasih infonya ya.

    BalasHapus
  26. Kemasannya praktis banget disakuin juga asyik bisa dibawa ke mana2 :)

    BalasHapus
  27. ini baiknya diminum berapa kali mas dan sesudah atau sebelum makan? makasih infonya :)

    BalasHapus
  28. Analogi sederhana untuk penjelasannya nii

    BalasHapus
  29. Tingkat stress ku super tinggi dan kadang ngebuat perut mules nggak jelas :(
    Makasih loh infonya Mas, berguna banget

    BalasHapus

Daftar Blog Saya