Jumat, 26 Januari 2018

Inspirasi Ketangguhan Perempuan dalam “Bunda : Kisah Cinta 2 Kodi”



Adegan Film " Bunda : Kisah Cinta 2 Kodi" - Inspira Picture

Membaca kata “2 kodi,” dalam judul film “Bunda ; Kisah Cinta 2 Kodi,” pikiran saya tertuju pada dua tumpukan pakaian terikat tali rafia.

Perkiraan saya tidak meleset, 2 kodi di film ini adalah dua kodi untuk busana muslim. Film Bunda : Kisah Cinta 2 Kodi, mengangkat kisah nyata dari Tika Saputra. Sosok perempuan, yang berperan besar dibalik suksesnya brand busana muslim “Keke Collection.”

Bersama Komunitas BloMil, saya berkesempatan hadir dalam Screening Film Bunda : Kisah Cinta 2 Kodi. Bertempat di Epicentrum XXI, sekaligus digelar press confrence.

Kisah perempuan tangguh ini sangat menginspirasi kami untuk diangkat ke layar lebar.” Ujar Rendy Saputra, selaku Produser Inspira Picture.
Tika Saputra menjadi sosok menarik di mata Rendy, selain seorang pengusaha sukses, juga perempuan menarik di masa kini.

Film “Bunda : Kisah Cinta 2 Kodi,” mengangkat tema enterpreneurship digabungkan dengan tema muslimah. Tema enterpreneurship, relatif jarang diangkat dibandingkan tema percintaan.

Film ini dikemas menjadi sebuah film yang memiliki jalinan tentang bisnis yang justru dekat dengan masyarakat luas, khususnya kaum perempuan. Menjadi gambaran bahwa ternyata tidak mudah menjadi seorang pengusaha –apalagi pengusaha muslimah, di mana seorang wanita harus berdamai dengan aktivitasnya berikut rumah tangganya” tambah Rendy

Sebelum difilmkan, pernah ditulis novelnya oleh Asma Nadia. Selain itu, juga dibuat versi dokumenternya disutradarai Ali Eunoia.
Maka untuk versi layar lebar, tetap memasang Ali Eunoia didampingi Bobby Prasetyo di kursi Sutradara.

Awalnya, saya menyadari kapasitas dan keterbatasan saya yang secara background adalah seorang documentarian. Tetapi seketika Rendy, mengutarakan gagasannya ingin membuat film fiksi. Melibatkan Bobby, seorang film maker indie dari Jogja yang lebih bergelut di dunia fiksi. Di satu sisi akan ada sebuah transfer knowledge antara saya dan Bobby. Dan project ini akan menjadi pembelajaran yang berharga untuk saya” ungkap Ali Eunoia

banyak hal menarik dari cerita dalam film ini, terutama bagi saya adala nilai-nilai woman empowermentnya” tambah Bobby Prasetyo.
Komunitas Blomil siap Nobar - dok WAG BloMil

Film “Bunda : Cinta 2 Kodi,” menggandeng sederet aktor ternama, seperti Acha Septriasa, Ario Bayu, Sheila Dara, Arina Mindhisa, Shaquilla Nugraha, Mumu Gomez, Tri Yudiman, Inggrid Wijanarko, Budi Dalton dan lain sebagainya.
-0oo0-

Dalam perjalanan Commuter Line menuju Bogor, tiba-tiba seorang perempuan muda jatuh pingsan. Sontak, penumpang disebelahnya kaget dan memberi pertolongan.

Seorang laki-laki ikut memberi pertolongan, dengan meletakkan keong di telapak kaki perempuan muda ini.

Perempuan yang bernama Tika, akhirnya kenal dengan Farid, pria yang telah menolongnya di kereta.
Seiring berjalannya waktu, keduanya menikah dan memiliki satu anak.
Acah Septriasa sebagai Tika Saputra - dok Inspira Picture

Tika Saputra bersama Ibu tetangga - dok Inspira Picture

Pada kehamilan kedua, Tika mengalami kenyataan pahit. Suaminya hendak mengikuti permintaan terakhir ibunya, yaitu menikah lagi. Ketika tahu Tika hamil muda --anak kedua, sang suami minta janin digugurkan.

Konflik keluarga muda dimulai, Farid dan Tika terpaksa hidup berjauhan. Sampai pada satu titik keadaan, Tika berani memulai bisnis baju muslim anak.
Bidang yang belum dipahami, namun dihadapi dengan penuh keberanian. Sementara Tika masih ngantor, dituntut bisa membagi waktu dengan bisnisnya.
-0oo0-

Bunda : Kisah Cinta 2 Kodi, dikemas dalam cerita ringan namun  sarat pesan. Kegigihan Tika Saputra, membuat penonton berkesimpulan, Tika adalah perempuan keras kepala dan ngotot.

“Kamu itu memang keukeh” ujar Farid dalam ssatu scene

Kalimat “Keukeuh,” menjadi inspirasi melabeli produksi busana buatannya dengan nama “KeKe Collection.”

Setelah versi Film layar lebar, akan dikeluarkan original soundtrack dengan theme song berjudul “Yang Terbaik,” dinyanyikan oleh Hanin Dhiya, diproduksi oleh Warner Music Indonesia.
Press Confrence - dok WAG BloMil

Film ini memberikan pesan, tentang bagaimana mengatur komunikasi dengan keluarga. Yang dirasakan setelah menonton, kita akan menjadi lebih hangat kepada keluarga,” tambah Ali

Harapan kami sederhana, penonton akan meyukai film ini. Terhibur dengan lantunan alur ceritanya, namun juga mendapatkan impresi atau tergerak secara emosisonal ketika menangkap pesan dari film ini” tutup Boby

Bagi anda yang mulai penasaran, Film Bunda : Kisah Cinta 2 Kodi” akan beredar di bioskop di seluruh Indonesia mulai 8 Februari 2018.

7 komentar:

  1. Asiknya kalau ada film yang menitikberatkan pada pentingnya komunikasi kepada keluarga :)

    BalasHapus
  2. Jadi pengen nonton filmnya. Thank reviewnya pak agung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih Sadi sudah berkunjung

      Hapus
  3. Perjuangan seorang istri, ibu yang diambang kebimbangan, butuh tisu nih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. scene menuju akhir, mengharukan ya kak

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Daftar Blog Saya