28 Sep 2017

Panen Golden Melon SUNPRIDE di Cilegon


Golden Melon menunggu masa panen -dokpri
Tak bisa dipungkiri, SUNPRIDE telah menjadi brand yang identik dengan kualitas. Coba saja anda perhatikan, penampilan aneka buah SUNPRIDE selalu sedap dan enak di pandang mata.
Mulai dari Pisang Cavendish, Highland Banana, Guava Crystal, Nanas Honi, Rock Melon, Golden Melon, Baby Orange dan masih banyak buah lain dengan merek SUNPRIDE. Selain penampilan yang mempesona, dari sisi rasa juga tak bisa diabaikan.
Sebuah quote ‘Hasil Tidak Pernah Mengkhianati Usaha,’ rasanya pas disematkan pada setiap buah SUNPRIDE. 

Saya merasa beruntung, berkesempatan menyaksikan secara langsung proses panen Golden Melon. Kebun Golden Melon berada di Kecamatan Jombang Cilegon, dari Tangerang kami menempuh perjalanan melalui jalan tol.
Untuk Golden melon, SUNPRIDE menerapkan sistem partnership dengan kelompok tani. Setiap kelompok tani memiliki pembina, satu diantaranya adalah Pak Hadi, pembina yang kami temui saat Panen Golden Melon di Cilegon.
Tugas dari pembina kelompok tani, mengawal tehnik budidaya terutama menjaga dan mengontrol penggunaan pestisida. Golden Melon SUNPRIDE mempunyai standart khusus, setiap proses musti dikawal ketat agar standart kualitas terpenuhi. 
Pak Hadi, Pembina kelompok tani - dokpri
Terbentang lahan seluas 1.5 hektare, mampu ditanami sekitar 20 ribu pohon Golden Melon, dengan kapasitas hingga 2.6 ton saat panen. Dalam kondisi normal, panen dilakukan dua minggu sekali untuk suply ke SUNPRIDE.
Mulai dari proses penanaman sampai panen, membutuhkan waktu sampai 60 hari. Setiap pohon dijaga sepenuh hati, dengan cara mengikat buah melon tetap dalam posisi menggantung.
Bayangkan kawan, kalau kulit buah menyentuh tanah saat tumbuh, berpotensi terluka atau kotor. Pada point ini saya manggut-manggut, seolah menemukan alasan mengapa Golden Melon SUNPRIDE bisa mulus dan bersih.
Meski sudah berupaya maksimal, ternyata ada faktor di luar kuasa petani yang tidak bisa menolak. Seperti faktor cuaca, musim hujan yang tidak menentu bisa mempengaruhi tingkat kemanisan buah.  Sementara faktor serangan hama juga sangat dihindari, bisa mengakibatkan pohon terserang daun keriting dan bercak.
Terhitung delapan tahun sudah, SUNPRIDE bermitra dengan kelompok tani di bawah binaan Pak Hadi. Pak Hadi sendiri saat ini memiliki lima kelompok tani, setiap kelompok terdiri dari 3 orang.
Sistem partnership dari SUNPRIDE, dipandang petani sebagai sistem yang win win solution.  Kelompok tani  bisa memperoleh kepastian pasar, selain itu secara kontinyu diberi pelatihan agar budidaya buah berhasil.
Ada dua standart ditetapkan SUNPRIDE, yaitu standart yang terlihat dan tidak terlihat. Standart tidak terlihat adalah tingkat kemanisan, dapat diukur dengan alat yang bernama brix. Sementara standart yang terlihat, adalah kadar kebersihan, kemulusan dan berat buah.

Proses panen Golden Melon SUNPRIDE -dokpri
Proses by proses panen Golden Melon SUNPRIDE saya saksikan sendiri ;
Sortasi
Adalah pemilahan seluruh buah Golden Melon, berdasarkan mutu, ukuran sesuai standart yang ditetapkan SUNPRIDE.
Saya yakin anda pasti bisa mengira-ngira, bagaimana standart SUNPRIDE, buah melon memiliki kulit yang bersih, mulus dan tingkat kemanisan sampai 10 brix.
Mengacu kualitas yang ditetapkan SUNPRIDE, petani selalu jeli dan tidak mau mengambil resiko.  Petani tidak segan membabat pohon melon yang rusak, meski baru pada pertengahan tanam.
Hal ini dilakukan petani, supaya cepat bisa mengganti dengan pohon melon yang baru.
Grading
Adalah penggolongan buah sesuai grade, untuk kelas premium masuk kelas SUNPRIDE, untuk kelas medium masuk SUNFRESH. Sementara untuk kualitas lower, masuk jenis generik dijual tanpa merk.
Selain ketiga kategori, buah yang reject atau under spek biasanya dijual di pinggir jalan oleh petani sendiri. 
O’ya, mulai tahun depan, label SUNFRESH akan ditiadakan. Semua standart buah yang ditetapkan, adalah kualitas premmium dengan merk SUNPRIDE.
Pembersihan
Tahap ketiga adalah pembersihan buah, bagaimanapun juga penampilan menjadi bagian penting dari sebuah produk.
Nah, satu persatu Golden Melon SUNPRIDE dibersihkan dengan telaten. Maka tak heran, kalau kulit buah SUNPRIDE bersih dan mulus.
Labeling
Buah golden melon dengan kualitas premium, tentu saja ditempel label SUNPRIDE. Sementara untuk buah dengan kualitas medium, langsung diberi label SUNFRESH.
Bapak Slamet Rahadjo, Local Sourching Director SSN - dokpri
Packing
Setelah melalui proses pelabelan, dilakukan pengemasan atau packing. Setiap satu kardus ditimbang, sesuai dengan standart berat yang ditentukan Sunpride.
Pengangkutan
Golden melon yang sudah dipacking rapi, siap diangkut ke gudang SUNPRIDE di daerah Tangerang. Melalui proses penyimpanan lebih dahulu, sebelum akhirnya didistribusikan ke konsumen.
Blogger dan Media di kebun Golden Melon SUNPRIDE -dokpri
Waah, rasanya puas sekali menyaksikan proses panen Golden Melon SUNPRIDE. Dengan proses yang sepenuh hati, rasanya petani buah perlu mendapat apresiasi.
Apa bentuk apresiasinya?
Kebiasaan konsumsi buah musti ditingkatkan, sehingga jerih payah petani terbayarkan. Kalau permintaan buah meningkat, pasti petani buah lebih giat menanam.
Terima kasih SUNPRIDE, pengalaman yang sangat berkesan !  

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA