Minggu, 06 Agustus 2017

FWD Life HACKATHON 2017 Resmi diluncurkan


Launching FWD Life HACKATHON 2017 -dokpri

Tak bisa dipungkiri, sebagian masyarakat masih menganggap Asuransi sebagai instrument keuangan yang rumit dengan proses berbelit. Kondisi ini menjadi alasan kuat, mengapa penetrasi Asuransi di negara kita masih relatif rendah. Market Asuransi di Indonesia hanya sekitar 2.7%, sementara negara tetangga Singapore dan Malaysia sudah pada angka 5%.
Melihat keadaan tengah berlangsung, FWD Life tidak mau tinggal diam dan menyerah. Sebagai  pioner Asuransi jiwa berbasis digital, FWD Life ingin merubah pandangan negatif masyarakat dalam berasuransi.
Pada tahun ini FWD Life menggelar event  HACKATHON 2017,  dengan menggandeng partner Founder Institute.
Apa FWD HACKATHON 2017 ?
Adalah sebuah acara kolaborasi pengembangan proyek perangkat lunak, biasanya orang orang yang terlibat adalah pelaku industri kreatif.
Ibu Poppy Safitri  selaku Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif, dalam sambutannya mengatakan, “HACKATHON 2017 merupakan acara menarik, karena dibuat dari sesuatu yang berbeda. Asuransi biasanya dipakai oleh orang tua, melalui event ini Asuransi diperkenalkan kepada anak muda.”
Apapun yang bertujuan demi pengembagan industri kreatif, akan didukung semua deputi di Badan Ekonomi Kreatif. Selama ini transaksi asuransi identik dengan manual, kini sudah ditemukan cara lebih kekinian yaitu memakai aplikasi.
Smartphone sangat mampu untuk memperpendek waktu proses Asuransi, makin dibutuhkan di dunia modern. Kita musti meningkatkan kepedulian, agar anak muda sadar berasuransi,” imbuh Poppy Safitri.
-0o0-
Pada kesempatan yang sama, Bapak Rudi Hamdani  selaku Vice President Director FWD Life, menyampaikan dalam sambutannya, “ HACKATON biasanya diadakan bank atau perusahaan telekomunikasi, tahun ini adalah tahun pertama perusahaan Asuransi yaitu FWD Life melakukan kegiatan HACKATON 2017”.
Tujuan kegiatan HACKATON 2017 sejalan dengan visi FWD Life, ingin merubah cara pandang baru masyarakat tentang asuransi. Dengan tenologi yang semakin maju, FWD Life berusaha membuat pembelian asuransi menjadi mudah dan aman. Termasuk proses berinteraksi dengan nasabah, sekaligus pemegang polish dalam mengajukan claim.
Mengapa Indonesia termasuk kecil dalam penetrasi Asuransi ?
Hal ini terkendala wilayah yang kepulauan dengan penduduk yang menyebar.
Terobosan FWD Life terbilang kekinian, yaitu bagaimana agar asuransi bisa diperoleh dengan mudah dimanapun dan kapapnpun. Dengan kemudahan yang diciptakan oleh perusahaan Asuransi, niscaya penetrasi akan lebih cepat seeperti diinginkan OJK.
FWD Life sendiri sudah mennggunakan tablet untuk operasional termasuk presentasi, hal ini telah memotong proses pembelian Asuransi dari 16 step menjadi 6 step. Dalam berinteraksi dengan pemegang polish lebih simple, tak perlu mengisi lembaran kertas form tapi cukup masuk ke website FWD Life dan mengisi form yang diperlukan.
Claim asuransi yang biasanya memakan waktu lama telah dipangkas, hanya dengan pengajuan foto lewat Watsup. Kalau proses claim memenuhi persyaratan, bisa langsung disetujui dan claim cair dalam hitungan jam.
Pun dalam memilih agent asuransi, nasabah bisa menunjuk agen yang sesuai passion dan profil yang diinginkan melalui fitur Click To Meet. Nasabah bisa menentukan waktu ketemuan, memilih Exccelso terdekat dengan kediaman nasabah.
Nah, HACKATHON sebagai cara mengajak kaum milenial, untuk menciptakan inovasi untuk lebih memudahkan nasabah berasuransi. Bagaimana tehnologi bisa membantu masyarakat, sehingga kesadaran berasuransi meningkat.
-0o0-
Ki-Ka : Andy Zain, Ridu Hamdani, Poppy Safitri -dokpri

Bapak Andi Zain sebagai Direktur Of Founder Institute, selaku partner FWD Life dalam event HACKATHON 2017 sebagai narasumber selanjutnya menyampaikan, “saat ini start up sudah banyak, tapi yang berhasil hanya sedikit dan banyak yang berdarah-darah. HACKATHON mengajak  anak muda, meningkatkan rasio keberhasilan sebuah start up menjadi lebih besar.”
Perlu 4 Hal sebelum membuat start up
Ide ; ide anak muda musti diuji, kalau ide tidak menjadi sesuatu tidak ada gunanya
Team ;  Perlu team atau kelompok, untuk mewujudkan ide menjadi nyata
Produk ;  Team yang bekerjasama, akan menyulap menjadi sebuah produk
Traction ; Produk yang bagus memungkinkan terjadi traction, sehingga bisa survive.
Fouder of Institute Indonesia berdiri sejak 6 tahun silam, telah melahirkan puluhan ribu Start Up dan 80% diantaranya survive. Padahal yang lazim terjadi, start up yang berdiri 80% gagal dan hanya 20% yang survive.
Mengapa Founder  of Institue bisa berhasil ?
Percaya ; Kalau anak anak muda cerdas dipertemukan, makan akan menghasilkan sesuatu yang bagus.
Belajar Bersama ; Selama masa 4 bulan belajar bersama,  akan mengajarkan peserta melakukan langkah demi langkah menuju keberhasilan
Network luar biasa ; Founder of Institute memiliki jaringan, mulai dari pelaku start up  yang sudah berhasil dan mentor lokal yang teruji,
Pendanaan ; Founder of Institue memiliki investor dan terhubung dengan angel investor
Kapan HACKATON 2017 dimulai ?
Pendaftaran peserta dimulai 4 agustus – 11 September 2017, melalui microsite yang disediakan oleh FWD Life.
Kemudian akan disusul kegiatan roadshow di Jakarta, Surabaya dan Bandung, berisi informasi tentang asuransi.
Akan dibentuk team masing masing 6 orang, bekerjasama untuk menciptakan ide dan kreatifitas. Kemudian akan diikutkan dalam program akeselerator, nantinya pemenang akan dikirim ke Silicon value.
Dari pada saya berpanjang kata, yuk segera merapat ke microsite HACKATON 2017

6 komentar:

  1. Sungguh luar biasa inovasi seperti ini, menyesuaikan diri dengan kebutuhan sesuai zaman

    BalasHapus
  2. Inovasi di dunia asuransi menurut saya harus dilakukan ya karena masih sedikit yang menggunakan asuransi. Padahal banyak banget manfaat asuransi

    BalasHapus
    Balasan
    1. awarnes orang yang perlu ditumbuhkan

      Hapus
  3. Wuiihh, keren. Bicara soal asuransi emang masih banyak orang yang udah ilfil duluan ya, smoga dengam lahirnya aplikasi inovasi digital asuransi ini sosialisasi mengenai asuransi dapat merata ke temgah masyarakat dan org jd tergerak utk berinvestasi melalui asuransi utk masa depannya. Congrats ya FWD Hackathon 2017

    BalasHapus