Kamis, 22 Juni 2017

Ke Bandara Soekarno Hatta Bisa Dari ITC Cempaka Mas


Sumber foto ; itcshoppingfestival(dot)com

Mobilitas kaum urban terbilang cukup tinggi, terutama untuk bepergian ke luar kota dengan moda transportasi udara. Kalau saya suka mencari praktis, pergi ke Bandara dengan menggunakan public transportasi massal yang tersedia. Selain tidak usah memikirkan urusan parkir, aneka alternatif public transportasi bisa menjadi pilihan.
Kalau kediaman anda mudah menjangkau “ITC Cempaka Mas”, ada alternatif baru untuk menuju ke Bandara dari Cempaka Mas. Sudah tersedia moda transportasi JAConnexion, akan memudahkan anda menuju bandara Soekarno Hatta.
Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ), telah meluncurkan angkutan Jakarta Airport Connexion atau disingkat JAConnexion. Moda angkutan baru berbentuk bus ini melayani pemberangkatan, bagi penumpang dari hotel-hotel dan mall di Jabodetabek menuju ke Bandara Soetta.
Terobosan ini tentu membuat semakin praktis, sekaligus mempermudah akses warga Ibu Kota dan sekitarnya ke Bandara. Moda transportasi semakin banyak pilihan, tak kawatir kehabisan kendaraan menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang.
Anda tinggal menyesuaikan jam berangkat JAConnexion dengan jadwal penerbangan, sekaligus memperhitungkan waktu tempuh menuju bandara agar tidak telat. So, sepanjang perjalanan bisa digunakan untuk mengerjakan hal lain atau membayar hutang tidur.
Elly Sinaga selaku Kepala BPTJ, Elly Sinaga, menjelaskan “Setelah kami komunikasi dengan pengelola dan pemilik hotel, kita analisa ada banyak sekali orang-orang yang melakukan perjalanan ke bandara dalam seharinya. JA Cobbection diresmikan dan sudah beroperasi sejak 30 Mei 2017,”
Elly Sinaga sendiri belum bisa memastikan, berapa kira-kira angka potensi penumpang yang bisa diangkut dari hotel. Namun pihaknya berani memasang target, sekitar 70% dari tamu hotel yang biasa bepergian dari dan ke bandara dengan taksi dan mobil pribadi, secara bertahap akan beralih menggunakan JAConnexion.
Kalau angka ini bisa direalisasikan, bukan mustahil tingkat kemacetan ibukota bisa sedikit dikurangi.
Untuk armada angkutan bandara dari hotel-hotel JAConnexion mengandalkan mikrobus, sangup menampung hingga 20 tempat duduk. Untuk tahap awal, headway atau waktu jeda antar bus adalah 1 jam.
Sementara ini armada mikrobus akan melayani 3 hotel terdekat, sebelum akhirnya langsung menuju Bandara Soetta.
tahap pertama baru 20 hotel dan jumlah armadanya terbatas, jadi baru setiap 1 jam. Untuk tarifnya ini ditentukan oleh operator masing-masing, untuk yang bukan tamu hotel juga bisa menggunakan JAConnexion,” tambah Elly.
Sementara untuk keberangkatan dari pusat perbelanjaan, penumpang akan dilayani armada bus besar. Sejauh ini 4 Operator berkomitmen mengoperasikan JA Connection, yaitu Perum Damri, Blue Bird, dan Sinar Jaya di 20. Masih sangat terbuka kemungkinan, untuk operator lainnya menyusul.
Itu nanti akan ada operator yang bertambah jika ingin mengajukan, sekaligus hotel-hotel. Tapi untuk saat ini baru 4 operator dan 20 hotel dan 5 mall,” terang Elly.
Bagi anda yang tinggal di daerah jakarta Timur, bisa lho mencoba JAConnection keberangkatan dari ITC Cempaka Mas. Lokasi keberangkatan dari halaman depan parkir ITC Cempaka Mas : Pintu Masuk bus Pariwisata.
Saya jadi membayangkan, JAConnexion bisa menjadi solusi mengurangi volume kendaraan di lalu lintas ibu kota. Semoga saja kemacetan di Bandara Soetta juga bisa dikurangi, karena beroperasinya public transportasi seperti JAConnexion.
Berikut jadual pemberangkatan dari ITC Cempaka Mas :
ITC Cempaka Mas-Bandara Soetta.
-Pukul 06:00 WIB
-Pukul 08:00 WIB
-Pukul 10:00 WIB
-Pukul 12:00 WIB
-Pukul 14:00 WIB
-Pukul 16:00 WIB
-Pukul 18:00 WIB
Untuk Info lebih lanjut, silakan hubungi pak Wahyu (Perum PPD) 082136039801
Yuk mulai beralih ke JAConnexion, meski upaya kita kecil kalau dilakukan kolektif akan berdampak besar. –salam-

10 komentar:

  1. Wah, asik bgt, jadi mudah lalau mau belanja tapi harus langsung ke bandara... Gak bingung nyari oleh-oleh lagi deh ya, secara di ITC apa aja ada... Hehehe..

    BalasHapus
  2. Aheyyyy mudah banget gak perlu musti ke terminal yang adoh tenan :)

    BalasHapus
  3. wahh asikkk abis dr bandara langsung bisa ke pusat kota sekaligus belanja

    BalasHapus
  4. Harus disimpen nih jadwal2nya, suatu saat akan penting bgt.

    BalasHapus
  5. setuju, kl moda transportasi di JKT dibenerin gini semua ada dan bersih wah bisa2 malas naik kendaraan pribaadi kecuali deket2 aja jaraknya. Agak worry sih emg kl lagi belanja di ITC takut telat, krn skrg ada JAConnexion jd aman ga deg dekan yak, ada jadwal jam2 nya spy ga terlambat naik pesawatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul preapare waktu musti pas

      Hapus