Kamis, 08 Juni 2017

Berbuka Puasa dengan Melon



Golden Melon Sunpride -dokpri
Tanpa terasa bulan puasa sudah masuk paruh kedua, adalah sepuluh hari kedua Ramadan sebagai masa memperoleh maghfirah/ pengampunan. Selain ibadah yang lebih ditingkatkan, gaya hidup sehat dan bersahaja perlu diperhatikan.
Gaya hidup sehat diterapkan dengan cara memilih asupan yang baik, satu diantaranya  rutin mengkonsumsi buah.
Tapi jangan lupa, pilih konsumsi buah lokal ya. Buah lokal tersedia di banyak tempat, mulai dari pasar tradisional sampai pasar modern.
Dengan konsumsi buah lokal, sebagai wujud cinta tanah air. Dengan belanja hasil panen petani buah Indonesia, berarti membantu kesejahteraan saudara sebangsa.
-0o0-
Buah melon saya kenal awal th 90-an, buah yang saat itu masih baru termasuk primadona. Kala itu melon termasuk buah mahal, perlu perawatan ekstra hati hati. Mulai dari awal penanaman, masuk masa tanam sampai buah siap panen dilakukan sangat teliti.
Seiring perkembangan masa, tehnologi membuat melon bisa dibudidayakan lebih sederhana. Buah Melon termasuk dalam suku labu-labuan, dagingnya berwarna putih sampai merah tergantung kultivarnya. Memiliki tekstur daging buah yang lunak, sehingga terasa empuk saat digigit.
Buah melon label Sunpride sering kita dapati, tersedia jenis Rock Melon, Honey Melon dan Golden Melon. Kalau saya suka Golden Melon, biasanya lebih manis dan renyah di lidah.
Golden Melon memiliki kandungan manfaat.

  • Vitamin C manjur untuk mengobati sariawan, menghaluskan kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh
  • Antioksidan sebagai penangkal serangan radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung.
  • Melancarkan BAB sekaligus mengatasi masalah pencernaan,
  • Menurunkan resiko stroke, mencegah penggumpalan darah  sekaligus melancarkan aliran darah.
  • Menurunkan resiko penyakit ginjal, menyembuhkan penyakit eksim
  • Rasanya yang segar membantu menyembuhkan penyakit panas dalam.
Cara  saji juga cukup praktis, setelah dicuci dibelah menjadi empat atau enam bagian. Kemudian dibuang kulitnya langsung makan, atau dijadikan campuran sup buah.
**O**
Melon selain cocok untuk berbuka, bisa lho dijadikan snacking setelah taraweh. Keren kan ngemil buah, kebiasaan sehat yang cukup anti mainstream dibanding ngemil gorengan. Buah melon aman dikonsumsi malam hari, tak perlu kawatir badan menjadi melar.
Kalau ternyata masih ada sisa, melon bisa disimpan di kotak makan dan ditutup rapat untuk makan sahur. Bayangkan genap sebulan ngemil gorengan diganti buah, cukup membantu membuang lemak berlebihan di tubuh. –yuk dicoba- 

6 komentar:

  1. Aku sukaaaa golden melon, ini manis bangeeet mas agung

    BalasHapus
  2. Aku juga suka banget buah melon ini, apalagi golden melon yang manis.

    BalasHapus
  3. Golden Melon rasanya beda sama Melon lainnya ya Mas. Lebih manis dan renyah

    BalasHapus