20 Apr 2016

Geliat Produk UKM di SmescoDigipreneurDay


Euforia Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) masih kental terasa, sejak ditetapkan MEA bersamaan datangnya tahun 2016. Era perdagangan terbuka di negara Asean, membawa tantangan sekaligus angin segar bagi UKM Indonesia. Tak dipungkiri, UMKM adalah sektor yang mampu menjadi penopang perekonomian saat krisis pernah berlangsung di negeri tercinta. Maka dengan datangnya era MEA, sudah smestinya UKM menjadi andalan agar semakin diperhitungkan dalam persaingan global.
Product UKM yang ada di Smesco "Galeri Indonesia WOW" (dokumentasi pribadi)

Bag anda pecinta wayang golek, ada lho wayang golek di Galeri Indonesia WOW di gedung Smesco (dokumentasi pribadi)
Acara  Smesco DigiPreneurDay di gedung Smesco, sebagai satu upaya nyata mengedepakan product UKM di tengah persaingan.
Memasuki Gedung Semsco lantai 2 di Jakarta Selatan, saya disuguhi beraneka rupa produk UKM. Hiasan Kaligrafi terbuat dari kayu jati, produk seni ini sangat keren dan begitu detil dalam membuatnya. Apalagi menulis huruf arab, musti tepat meletakkan harakatnya (salut). Saya membayangkan betapa penuh teliti dan konsentrasi tinggi, memahat huruf demi huruf arab sehingga tampil begitu sempurna.
Selain itu  masih banyak aneka kerajinan, taplak manik-manik dari Kalimantan Timu. Satu demi satu manik-manik diuntai dengan benang, warna-warninya disusun agar membentuk sebuah gambar. Tas anyaman dari Kalimantan Barat, topi khas Papua dengan burung cendrawasih yang diawetkan, kalung dengan bandolan unik berupa jari burung.
Masih ada pajangan dari Palembang, adalah toples gelas terbuat dari kayu mahoni. Hiasan rumah kaki seribu khas Papua, bersanding dengan replika rumah gadang dari Sumatera Barat. Pada beberapa gerai tampak, sambal, kopi luwak (kaleng dan scahet), wedang uwuh, abon Cabe. Masih ada gerai yang menyulap kain perca, menjadi aneka hiasan menarik dan bernilai jual tinggi. Masih di lantai yang sama, gerai alat musik gitar yang diproduksi UMKM juga.
Tapi saya membatin, kalau penjualan hanya mengandalkan pengunjung ke Smesco sepertinya kurang. Apalagi galeri Indonesia WOW di Smesco bukanlah Mall, pengunjungnya pasti beda karakteristik dengan pusat perbelanjaan.

Sambal HJ. Lina. juga dihadirkan di Smesco (dokumentasi pribadi)

Aneka hiasan yang terbuat dari kayu, menambah cantik etalasi rumah anda (dokumentasi pribadi)
Pertanyaan saya terjawab, di lantai yang sama terdapat internet corner. Terpampang jelas di dinding tulisan e-commerce, berdamping dengan situs jual beli online blibli(dot)com . Memang Internet menjadi satu solusi, agar penjualan produk UKM yang dipajang bisa menembus dinding Smesco.
Apalagi Smartphone bukan barang istimewa lagi, sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia. Bahkan menurut satu riset, jumlah smarpthone melebihi jumlah penduduk Indonesia. Penggunaan telepon pintar di negara tercinta, didominasi usia produktif untuk ativitas media sosial, browsing, belanja online, hiburan dan travel.
Fenomena ini menjadi peluang, bagaimana promosi UKM bisa menyebar dan viral melalui aktivitas online. Media sosial seperti Facebook, twitter, Instagram, Pinterest, Youtube, blogging, google plus adalah ranah medsos yang memiliki dampak luar biasa.
00o00
O'ya kawan's. Kehadiran saya di Smesco, untuk menghadiri acara "Smesco DigiPreneurDay" mengetengahkan tema "Content of the Power.
Narasumber Fery Adrianto sedang presentasi, dalam SmescoDigiPreneurDay (dokumentasi pribadi)
Apa itu SmescoDigiPreneurDay?
Merupakan bagian dari kegiatan sosialisasi dan promosi produk UKM, sekaligus menjadi wadah kalangan preneur di industri digital  agar memiliki kepedulian terhadap produk UKM.
Sesi pertama bersama Fery Ardianto, beliau adalah fotografer profesional dan dosen. Pada kesempatan istimewa ini, pemateri mengulas tentang kekuatan fotografi.  Bahwa gambar yang bagus adalah gambar yang "menggugah" penikmatnya, meninggalkan kesan mendalam. Fotografi adalah bahasa gambar, untuk menyampaikan dan menceritakan apa yang kita lihat. 
Agar gambar yang dihasilkan bisa bertutur, maka perlu dipersiapkan KONSEP sebelum memotret.
Apa saja konsepnya?
- ketahui sebanyak mungkin tentang daerah tujuan
- Lakukan survey kecil tentang hal yang akan menarik untuk direkam
- Persiapkan diri untuk berkomunikasi dengan masyarakat setempat
- Berimajinasi sepanjang waktu.
Satu gambar esai dari Fery Ardianto ditampilkan, tentang seorang dokter bedah yang menangani operasi bayi.
Luar Biasa !
Gambar demi gambar tersebut begitu"bercerita", hasilnya bisa mendatangkan simpati banyak pihak. Beberapa lembaga internasional tergerak hati, memberi sumbangan untuk operasi bayi yang butuh penanganan cepat dan biaya yang tentu tidak sedikit. (SALUT)
00o00
Sesi kedua menghadirkan Ahmad Zabadi, beliau Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah. Secara khusus mengungkapkan, "dua hal yang ingin kami kontribusikan yaitu memajukan UKM dan UMKM dengan semangat digitalisasi dan mengoptimalkan digitalpreneur untuk berkolaborasi memajukan UKM di pasar global"
Smesco Rumahku adalah laboratorium produk UKM berkualitas dan etalase pemasaran produk UKM, tertantang untuk menjadi yang terdepan dan kiblat bagi kemajuan UKM di tanah air. Karena itulah, Smesco Indonesia menyelenggarakan kegiatan ini sebagai salah satu promosi produk-produk UKM terpilih dari 34 paviliun Indonesia yang ada di Smesco Indonesia.
Pada kalimat "semangat digitalasi dan mengoptimalkan digitalpreneur", benak saya langsung tertuju pada budaya bangsa Indonesia "gotong royong". Dengan gotong royong, masalah yang dirasa berat akan dapat diatasi bersama. Bahwa pelaku UKM memang sangat perlu, bergandeng tangan sekaligus mengembangkan wawasan agar seiring dengan era digital yang berlangsung saat ini.
Kesan pertama saya masuk di lantai dua Smesco, terjawab sudah dengan pernyataan Pak Ahmad Zabadi. Memang benar yang saya rasakan, ruangan Smesco ibarat etalase produk UKM. Agar bisa bersaing di era MEA, dibutuhkan inovasi dan focus pada kualitas sehingga konsumen enggan berpaling.
Menjadi sessi pamungkas, dua narasumber tampil sekaligus adalah Farham Noor Rahman (Copy writing dan Blogger) bersama Putra Agung (fotografer Instagram - TheFoodExplorer). Dua narasumber berbagi tips dan trik, bagaimana membranding di medos. Apalagi era media sosial sebagai sebuah kenyataan yang terjadi, kita musti memanfaatkan sebaik-baiknya. Pemanfaatan Hastag ternyata berpengaruh, meningkatkan keterbacaan dan kunjungan ke akun pemiliknya.
Medsos sebagai media promosi juga tak dipungkiri, hanya strateginya saja yang perlu penyesuaian. Untuk hard selling biasanya efektif bagi produk baru, sementara soft selling lebih disuka bagi brand yang sudah establish.
Produk ukiran dari pengrajin yang ditampilkan di Smesco (dokumentasi pribadi)

Sepanjang acara saya seperti mendapat "darah segar", terutama tentang bagaimana memposisikan diri menjadi pelaku medsos.
Acara SmescodigireneurDay , diselenggarakan tanggal 19 dan 20 April 2016. Bagi anda yang bisa menyempatkan waktu, bisa datang di hari kedua (20/4'16).  Khusus di hari kedua, mengambil tema “Be Smart, Be Digital”, akan menghadirkan pembicara tak kalah keren.
1.        Jose Ricardo Santos (Co-Founder bDigital : Online Business Builder for UKM
2.       Andi Silalahi (Digital Practitioner) : The Winner of Google Awards Asia Tenggara tahun 2010
3.       Andi Wiryawan, UKM Business Owner (Carystyle.co.id)
Yuk saatnya mengasah kepedulian dengan melibatkan diri, membantu UKM agar bisa bersaing dalam era MEA yang sedang kita hadapi. (salam)

16 komentar:

  1. wah hari ini masih ada dong tanggal 20 ?
    Memang dengan ada nya MEA ini diharapkan produk produk UKM dan UMKM dapat berkembang dan tidak terkalahkan, salah satunya ya dengan cara branding via internet dimana jumlah pembeli juga sudah mulai mendominasi.

    Thank you for sharing this article :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih Mbak Laili sudah berkunjung
      salam sehat dan semangat amin

      Hapus
  2. Wah bagus banget mas pengambilan gambarnya, mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kang Fauzi,
      selamat dapat voucher Blue Bird
      salam sehat dan semangat

      Hapus
  3. wah di sana acara keren-keren ya, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. acaranya keren untuk kemajuan UKM
      salam sehat dan semangat mas Virman

      Hapus
  4. Keren Mas acaranya. Semoga makin banyak pengusaha UKM di Indonesia sukses dengan event2 macam ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn
      terimakasih sdh berkunjung
      salam sehat dan semangat

      Hapus
  5. Saya senang membantu petani mempromosikan produknya. Soalnya mereka butuh banget bantuan kita
    Smesco concern banget dengan kegiatan umkm. Saya dukung

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam sehat dan sukses mbak Evrina.
      amin

      Hapus
  6. Semoga UKM Indonesia makin maju dengan adanya sinergi yang baik dengan pelaku media sosial seperti blogger dan buzzer.

    BalasHapus
  7. UKM Indonesia maju dan terus bersinergi. Supaya semua bersama meningkat :)

    BalasHapus
  8. Semoga kedepan produk produk Indonesia bisa meningkat seperti smartphone smartphone buatan luar negri, dengan begitu negara kita akan lebih maju

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA