22 Mar 2016

Fotografi, Vlogging & Generasi 4G #KelasBlogger6


Foto Bersama Peserta Kelas Blogger 6 (dokumen foto dari group WA)

Kelas Blogger Batch 6 kembali hadir, diadakan di Nutrifood Inspiration Centre (NIC). Tema yang diusung sangat kekinian, yaitu tentang Fotografi, Video Blogging dan Generasi 4G.
Beberapa saat lalu saya menghadiri acara food blogger, di sebuah restaurant ternama. Pengundang sedang memperkenalkan menu terbarunya, kala itu produk yang sudah ada tampil dengan variasi tambahan dan hasilnya sungguh berbeda. Padahal sebulan sebelumnya (Februari), Restaurant yang sama baru launching promo Paket hemat saat itu.
Tiba-tiba bicara Restaurant,  trus apa hubungannya dengan Kelas Blogger?
Benang merahnya ada, khususnya dengan materi Video Blogging dan Generasi 4G di kelas Blogger 6. Adalah kata Inovasi menjadi keniscyaan, agar bisa bertahan dan mendapat tempat.
Seorang blogger atau usaha dan profesi bidang apapun, tidak boleh stag (berhenti) dalam mengembangkan diri. Era terus berjalan, bagi yang tak mau bergerak akan tertinggal.
Sesuai jadwal yang dipublish, jam sembilan on time acara dimulai. Saya kebetulan pernah sekali ke lokasi, jadi tak terlalu kesulitan menuju tempat dilaksanakan kelas blogger 6.
Nutrifood Inspiring Center, tempat yang nyaman menjadi lokasi menimba ilmu. Lokasinya di Apartemen Menteng Square, cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi atau publik. Saya kebetulan memilih naik busway, turun di Halte Matraman tinggal jalan sekitar 5 - 10 menit.
Satu Sudut di Nutrifood Inspiring Center (dokumen Pribadi)
Ada tiga sesi di hadirkan spesial, dibahas dalam kelas blogger 6 kali ini. (Saya ringkas materinya ya..)
1. Fotografi, oleh Kang Dudi.
Membahas materi mendasar, tentang tehnik pengambilan foto. Bahwa gambar yang bagus, lazimnya didapat pada sebelum jam 9 pagi. Entah itu outdoor atau indoor, apalagi mau mengambll tema bayangan.
Perlu diperhatikan juga perihal komposisi gambar, focus pandangan manusia umumnya pada area kanan- kiri atas dan kanan-kiri bawah. Harus dipilih salah satu, otomatis akan membentuk komposisi yang cantik.
Kalau object yang diambil adalah manusia atau hewan, usahakan melakukan pendekatan terlebih dahulu. Saat obyek mulai mengenal pemotret, akan muncul ekspresi yang alami.
Pada slide mulai muncul, Foto hasil bidikan narasumber dan terlihat sangat menakjubkan. Kebanyakan ditampilkan, dalam nuansa warna hitam putih. Namun terkesan sangat natural, terutama pada foto esai tentang Kambing untuk Idul Qurban.
(ada di slide video di akhir tulisan)
2. Video Blogging, Oleh Mas Dede & Mbak Icha.
Kalau mau jadi blogger kekinian, belajar video donk !
Pada bulan Februari, saya sempat mengikuti acara jalan-jalan masa kini dari satu stasiun TV Swasta. Sepanjang kegiatan selama 3 hari, peserta diajak membuat video citizen journalist (Vcj). Saat itu produser eksekutif program berita mengungkapkan, bahwa tak semua moment bisa direkam jurnalist.  Maka kehadiran citizen jurnalism, begitu sangat dibutuhkan. Teutama untuk menangkap moment, yang ada di lingkungan sekitar perekam kejadian.
Kehadiran Video mulai dilirik, berperan sebagai media yang komplit untuk berekspresi. Pesan disampaikan dengan gambar bergerak, ditambah musik dan suara. Penerima pesan tak perlu upaya ekstra, kecuali melihat dan mengintepretasikan.
Mas Dede melihat celah,  Vloging atau video blogging (bisa dikatakan) belum banyak "digarap" blogger. Namun narsum yakin trend kedepan, Vlogging semakin diminati pihak sponsor. Kebetulan ada aplikasi simple, bisa diunduh via play store.
Mekanisme pembuatan video juga sangat sederhana, memanfaatkan rekaman pendek (cut to cut. Kemudian digabung- gabung melalui fitur yang tersedia, baru dicombain bersama musik dan suara.
Saya sudah praktek lho! (lihat diakhir tulisan ini yaa ! ).
Tiga Pemateri di Kelas Blogger 6 (dokumentasi Pribadi)
3. Generasi 4G
Sesi terakhir yaitu Generasi 4G, dibawakan dengan santai oleh Mas Seno. Saya baru sekali bersua pembicara, namun langsung akrab karena pembawaan beliau yang ngakrabi.
Apa sih kebutuhan blogger?
Kalau sudah punya tulisan, tinggal dipublish di blog atau medsos. Nah untuk melewati proses by proses, tentu butuh jaringan internet. Agar bisa produktif dan tak terganggu mood, jaringan internet musti lancar dan sangat mendukung.
Hari gene masih pakai 3G? Keduluan bingits (lawan kata kekinian heheee)
Era-nya sudah 4G guy's, agar posting dan vlogging tak lelet memembutuhkan koneksi cepat. Apalagi sekarang masanya, pesan bergerak lengkap dengan audio menjadi pilihan. So, kalau mau berkembang harus ikuti perkembangan jaman.
Seperti contoh saya di awal tulisan, Restaurantpun selalu berinovasi agar bisa bertahan. Maka blogger atau profesi apapun, mustilah mengembangkan diri dan kemampuan agar seiring dengan perkembangan jaman.
Ingat !
Kalau diri sendiri tak mau berinovasi, maka pasti pihak lain akan melakukan itu. Itulah ringkasan tiga materi, yang dibahas dalam kelas blogger 6.
Behind The Scene Kelas Blogger 6.
Acara semacam ini sudah kerap saya ikuti, namun ada yang unik dan baru sekali saya alami di kelas blogger kali ini. Untuk kebutuhan konsumsi, peserta diajak potluck. Wah keren dan asyik tentunya, saya sama sekali tak keberatan. Syaratnya satu, tak boleh membawa makanan berminyak (baca gorengan). Mengingat tempat yang digunakan adalah NIC,sebagai tamu mustilah patuh.
Nutrifood lekat dengan brand mengandalkan kesehatan, mensyaratkan makanan sehat di konsumsi.
"Ada CCTV yang mengawasi, kalau keukeuh bawa gorengan kena peringatan" tulis ketua kelas di WA group.
Maka tak mengherankan, makanan seperti ketan, gethuk, ubi, pisang rebus, kacang rebus, putu ayu, lemper, roti Soes, buah dan aneka makanan non gorengan lain tersaji. Kami sudah janjian sebelumnya, jadi makanan yang dibawa bervariasi. Meja lonjong di lantai satu, yang dipenuhi makanan kami serbu saat break tiba.
Karena makanan masih banyak alias tak habis, akhirnya dibagi untuk peserta dan dibawa pulang. Saya yang membawa ketan, saat pulang wadah berganti isi dengan brownies.
Ah serunya, acara kelas blogger 6. O'ya jangan lupa, yuk saksikan video kreasi saya. Kalau banyak kekurangan mohon dimaklumi, namanya baru belajar hehe. (salam Inovasi)
Sumber Video klik di SINI

22 komentar:

  1. bermanfaat banget ikutan #KelasBlogger yah mas Agung.. tambah banyak ilmu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat Mas Ari..
      Apalagi yg bikin video, bener2 mantep.
      Tapi semua materi, sangat kerenn
      terimakasih sdh berkunjung
      salam :)

      Hapus
  2. Videonya keren! Hasil ngutak utik kemarin ya mas. Semoga sukses yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya praktek ilmu kelas blogger
      Sukses jg buat Ipeh
      Amin

      Hapus
  3. Hehe, udah dapat ilmu, belajar sehat juga ya mas. Non kolestrol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide non gorengan sangat bagus mbak
      Kbtln sy jg lg ngurangi makanan berminyak
      Salam sehat :)

      Hapus
  4. sekarang udah mulai belajar video, sementara saya masih berkitat dengan photography. Urusan menentukan cahaya, saya masih harus banyak belajar banget :D

    BalasHapus
  5. wah mas agung skr jago bikin vlog dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih amatir mbak Lidya
      Mash harus belqjar dr yg ahli :)

      Hapus
  6. asyik...
    lengkap banget pak :)
    baca artikel ini serasa ikut di sana lagi
    he he he, maklum kemaren saya cuma setengah babak aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. o' iya ya.. mas Huda pas sesi terakhir ga kelihatan
      salam sehat dan sukses amin

      Hapus
  7. kalo bikin video, saya biasanya pake aplikasi bawaan dri Hape. tapi bikinnya yg simpel, blm bisa bikin yg sekeren mba Icha dan mas Dede

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, sy jg pake hp hehe
      Kalau terus belajar insyaallah tambah bisa amin
      Salam sukses

      Hapus
  8. Balasan
    1. Trimakasih mbak Lubena sdh berkunjung
      Salam :)

      Hapus
  9. Mau juga dong di ajarin buat video beginian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk sama-sama belajar :)
      salam sukses amin

      Hapus
  10. saya mau banget di ajarin mengenai buat video kayak di atas. saya juga rencana pengen jadi blogger. ini masih merintis. tolong do'anya.

    BalasHapus
  11. wah makin semangat untuk bikin video nih jadinya. Dari dulu cuma bikin satu dua aja karena merasa belum perlu, sekarang sptnya udah harus mulai lagi..

    makasih insight-nya mas Agung!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh yuk semangat belajar video
      salam sukses

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA