3 Sep 2015

Pentingnya Sekolah Berkualitas dan Aman [One Day Tour Summarecon Bekasi]


Mapping Summarecon Bekasi (dokpri)
Saya yakin siapapun sepakat bahwa pendidikan sangat Penting.
Pendidikan menjadi salah satu faktor krusial, yang akan berpengaruh pada kehidupan di masa mendatang. Orang dengan pengetahuan luas, lazimnya akan memiliki jaringan pergaulan yang luas pula. Semakin luas dan beragam networking yang dimiliki seseorang, otomatis peluang yang didapati juga akan berbanding lurus.
Sekolah adalah Jawabannya
Mempersiapkan pribadi yang mumpuni pada usia kanak-kanak, bisa dilakukan melalui pemilihan sekolah yang baik. Memang sekolah bukan seratus persen membentuk pribadi anak-anak, ada aspek lain yang diperhatikan seperti lingkungan di rumah dan pergaulan. Namun pendidikan tetap menjadi faktor mendasar, yang tidak boleh diabaikan demi kebaikan buah hati.
Nah terdapat ciri-ciri sekolah berkualitas, yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi. Tepatnya di kawasan Summarecon Bekasi, untuk lebih jelas ikuti pengalaman saya ya...
Sabtu 22 Agustus 2015
Kami bloggers mendapat kesempatan luar biasa, melakukan "One Day Tour" di kawasan Summarecon Bekasi. Saya yang tinggal di kawasan Tangsel, berangkat dengan shutle bus dari FX Sudriman Jakarta Selatan. Bersama kurang lebih 15 blogger lainnya, mulai berangkat sekitar pukul 10.00.
Sekilas Summarecon Bekasi
Summarecon Bekasi (dokpri)
Berada di atas lahan seluas 240 Ha, dikembangkan menjadi kota ramah lingkungan. Pada 2010 menawarkan hunian hijau eksklusif, dengan design modern kontemporer serta sistem keamanan double check security dan panic button. Pada 2011 melakukan terobosan baru, dengan meluncurkan hunian bergengsi di tepi danau. Kemudian 2012 meluncurkan Bluebell Residence, tahun 2013 menawarkan Vernonia Residence. Menyusul pada 2014 menciptakan hunian high rise buliding pertama, The Springlake View. Pada Agustus 2015 meluncurkan kembali Springlake View dikembangkan dalam 4 tower apartmen setinggi 26 lantai.
Hebatnya dari seluruh penjualan mulai 2010 sampai 2014, semua mencetak prestasi sold out pada saat hari pembukaan.
Club House di Cluster Summarecon Bekasi (dokpri)

Cluster Verninia (dokpri)
PT. Summarecon Agung Tbk, pada 2013 meresmikan flyover KH. Noer Ali Summarecon Bekasi. Flyover yang membentang sepanjang 1 KM, dengan lebar 22 meter pemancangan pertama dilakukan Gubernur Jabar.
Pada kesempatan yang sama sekaligus diresmikan landmark, berbentuk priamida terbalik memiliki filosofi khusus. Landmark ini sebagai lambang perjalanan Kota Summarecon Bekasi, yang akan terus bergerak maju dan lebih besar seiring perjalan waktu.
Berikut catatan bergerak maju yang ditorehkan Summarecon Bekasi
Pasar Modern Sinpasa ;
Hingga sat ini terisi 175 kios dan 105 lapak, berdiri sejak Mei 2013 diatas lahan seluas 3400 M2.
Summarecon Mall Bekasi (SMB) ;
Berada di lokasi sangat strategis yaitu sentra Summarecon Bekasi, sangat mudah dijangkau sekitar 10 menit dari ruas Tol Jakrta- Cikampek.
The Downtown Walk ;
Destinasi kuliner terbaru dengan area makan di ruang terbuka, menawarkan ragam kuliner lokal dan international. Dengan faslitas modern dan kekinian, dilengkapi jaringan internet (Wifi), dan Giant LED 11 x 8 meter. Pengunjung bisa menikmati vertical garden, baik yang indoor atau outdoor lengkap dengan kolam ikan dan water fountain.
Bekasi Food City ;
Telah diisi sebanyak 15 tenant counter, 21 tenant gerobak dan 3 unit resto, lengkap dengan panggung, toilet, musholla serta setting acara indoor dan outdoor.
-o-0-o-
Perjalanan Blogger dari FX Sudriman dengan Shutle Bus, ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Suasana lalu lintas di hari sabtu (week end), relatif lancar dan bebas hambatan. Mas Jay dari Summarecon Bekasi, dengan telaten membagikan snack kepada blogger.
Kami menuju Plaza Summarecon Bekasi, disambut dengan ramah oleh panitia. Kemudian presentasi oleh Pak Albert dari Summarecon Bekasi, dilanjutkan Management Al Azhar, kemudian dari Penabur dan Universitas Binus Online Learning.  Satu narsum terakhir adalah Ibu Fifi Alvianto, beliau penghuni lama satu cluster di Summarecon Bekasi. Saat ini beliau selain menjadi blogger, juga founder Laiqa Magazine.
Sesi Presentasi dan Q and A (dokpri)
One Day Tour Summarecon Bekasi
Usai acara pembukaan dilanjutkan presentasi, kemudian ada sesi tanya jawab dilanjutkan tour. Bus dengan tulisan dan logo Summarecon mengantar blogger, yang terbagi dalam dua kelompok untuk berkeliling.
Tujuan pertama adalah Mapple Residence  atau Cluster Mapple, adalah cluster pertama di Summarecon Bekasi. Berdiri 120 rumah dilengkapi Club house, penghuni cluster diberi akses free ke club house.
Tak sampai 15 menit berada di cluster pertama, blogger diajak beralih ke cluster Lotus terdiri 202 unit. Tujuan kedua blogger cukup unik, dengan menerapkan konsep side lake. Hal ini tampak dari Club house, terdapat kolam renang yang berdampingan dengan danau. Perjalanan blogger berlanjut ke Cluster Vernonia, yang memiliki 193 unit rumah.
Saya melihat keseragaman dalam tiga cluster, tidak ada kabel berseliweran di udara. Ternyata Summarecon Bekasi menggunakan strategi bagus, yaitu dengan cara menanam kabel dalam tanah. Alhasil pemandangan tampak lebih rapi dan bersih, jangan harap melihat layangan nyangkut (hee..hee). Dan tersedia motor juga mobil patroli, memastikan keadaan perumahan aman dan terkendali.
SMPIA dan SMAIA Summarecon Bekasi (dokpri)

Ruangan Laboratorium (dokpri)
Al Azhar Summarecon Bekasi
Nama besar sekolah Al Azhar memang sudah terkenal, dengan cikal bakalnya ada di Kebayoran Baru Jakarta Selatan. SMP ISLAM AL Azhar 31  dan SMA Islam AL Azhar 8, berada dalam satu lokasi berdampingan berada di kawasan Summarecon Bekasi.
Setelah mengunjungi 3 cluster, blogger diajak menuju SMPIA 31 dan SMAIA 8. Dua bangunan gedung berdiri tinggi dan kokoh, tempat menimba ilmu putra- putri tunas bangsa. Berada dalam naungan Yayasan Syiar bangsa, dengan visi ; Menjadi Organisasi unggul dalam pengembangan pendidikan berbasis Islam, berbasis Iptek dan Imtak di wilayah Jawa Barat. Adapun Misinya ;  
Membangun dan menyediakan fasilitas pendidikan yang berkualitas.
Ikut serta meningkatkan kualitas hidup dan kecerdasan masyarakat.
Mendukung perbaikan akhlak generasi muda dan masyarakat Bekasi pada umumnya.
Ruangan di sekolah yang terspesifikasi  satu persatu kami jelajahi, mulai dari ruangan kelas, laboratorium, ruang bahasa, Kantin. Berada pada lantai atas terdapat aula atau ruang serbaguna, biasanya untuk sholat berjamaah, ruang seni dan pertemuan dengan orang tua murid.
Satu cirikhas yang saya perhatikan, setiap indentitas ruangan ditulis dengan bahasa indonesia dan Arab. Hal ini tentu merangsang siswa siswi belajar, melafatkan kalimat dalam dua bahasa (dwi lingual)
Atas fasilitas, kegiatan dan pengajar yang mumpuni, terbukti SMPIA 31 dan SMAIA 8 Summarecon Al Azhar menorehkan prestasi.
SMAI 8 mencatatkan kebanggan dalam aneka kompetsisi,  
Unjuk Kreasi (UKA 2014) Al Azhar Se-Indonesia
  • Juara 2 Solo Vocal
  • Juara 2 Cerita Pendek
  • Juara 2 Tari Kreasi
  • Juara 3 Baca Pusi
  • Juara 2 Bulutangkis
  • Juara Harapan 2 MTQ
  • Juara Harapan 3 Debat Bahasa English
Sementara untuk SMPIA  31
Unjuk Kreasi (UKA 2014) Al Azhar Se Indonesia
  • Juara 1 Bulutangkis Putri
  • Juara 2 Cerpen
  • Juara 3 Bulutangkis Putra
Masih tercatat beberapa prestasi kejuaraan pada aneka bidang, diraih siswa/wi SMPIA untuk tingkat kota Bekasi.
Berada dalam satu kawasan (terpisah gedung), berdiri bangunan artistik yaitu Masjid Al Azhar. Design yang dihadirkan sungguh berbeda, membuat saya yang sengaja masuk terasa betah.  Sholat duhur siang itu terasa lebih khusyu, karena ruangan yang segar dengan pemandangan khusus. Persis di tempat bersebelahan mimbar dan imam, dibuat konsep ruang terbuka dengan kolam. Sirkulasi udara sangat bagus tak ada kesann sumuk meski tanpa air conditioner (AC).
Sementara jamaah pria dan perempuan dipisah, terdapat 2 lantai dengan baian atas menjorok ke belakang (akhwat).

Karena keterbatasan waktu bloger tidak sempat ke Sekolah Penabur, langsung menuju Mall Summarecon Bekasi untuk makan siang. Sekaligus pengumuman pemenang livet twit dan Instagram, blogger beruntung mendapatkan voucher dari Summarecon Bekasi.
-0-o-0-
O'ya kawan's
Kembali pada awal tulisan tentang profil narsum, terutama ibu Fifi Alvianto sebagai pembicara terakhir. Ternyata beliau adalah alumnus Al Azhar Summarecon Bekasi. Secara khusus berkisah tentang bagaimana pengalaman bersekolah, baik di SMPIA 31 dan SMAIA 8 Summarecon bekasi. Meski sebagai siswi Al Azhar, ibu Fifi mengakui prestasi sekolah Penabur.
"Kalau lomba apapun sering menang" kata Bu Fifi
Kedua sekolah (Al Azhar dan Penabur) berkualitas ini berkompetisi sehat, dalam hal prestasi di bidang apapun.
O'ya Al Azhar sangat ketat dan disiplin lho,
Pemberlakuan sistem absen dengan Fingger print, tidak berhenti sampai disitu saja. Akses dari absen tersebut tersambung, ke smart/ mobile phone orang tua murid. (keren). Hal ini tentu membantu orang tua memantau putra/ putrinya, memastikan bahwa sang buah hati berada di sekolah. Sangat meminimalisir anak yang bolos sekolah, tapi pura pura berangkat sekolah dari rumah.
Sementara Sekolah Kristen Penabur,   menawarkan jenjang pendidikan TK, SD, SMP, dan SMA. , memiliki tujuan ; untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya melalui bidang pendidikan sebagai perwujudan panggilan pelayanan dan kesaksian. Adapun profil luluusannya adalah, Be Tough, Excel Wordwide, Share with society Trust in God. Segudang prestasi sudah ditorehkan, bahkan salah satu siswi sempat menjadi Paskibraka.
Sedangkan Binus University Learning Centre (BULC), sudah diadakan penandatangan dengan Summarecon Bekasi. Pada Maret 2016 direncakanan, akan membuka fasilitas perkuliahan online. Selanjutnya dengan pembangunan kampus di atas lahan seluas  36.400 meter persegi,  direncanakan pada tahun akademik 2018/ 2019 bisa beroperasi penuh.
Keunggulan E Learning ;
  • Lama pembelajaran sama namun lebih fleksibel
  • Mahasiswa belajar dari pakar di bidangnya
  • Pembelajaran lebih kaya dan aplikatif, dilengkapi komputer tablet, digtal library, video confrence dan dicussion room.
Sekolah yang berkualitas, musti didukung dengan faktor keamanan yang memadai. Pemilihan lokasi Sekolah Al Azhar dan Penabur, yang berada di satu kawasan Sumarecon Bekasi sangat menguntungkan. Siswa sisiwi yang tinggal di cluster summarecon Bekasi, akan terhindar dari kemacetan lalu lintas. Pun orang tua atau pengantar, tidak kesulitan mencapai lokasi sekolah. Tentu hal ini berdampak pada pikiran yang fresh, dengan mudah bisa menyerap pelajaran dari guru.
Bagi siswa yang beprestasi mendapat kekhususan, yaitu disediakan beasiswa sehingga lebih bersemangat. Selain itu juga mendorong siswa yang lain, belajar lebih giat dan memiliki jiwa kompetisi sehat.
Pendidikan adalah sebuah upaya membangun masa depan, dan sekolah menjadi salah satu sarananya. Peran sekolah musti dibarengi dengan lingkungan di rumah, sehingga melangkah sejalan demi kebaikan buah hati. (salam)

3 komentar:


  1. Tidak menempati area resapan air kan?
    sehingga pembangunan kawasan2 perumahan elite yg baru tidak mengganggu ekosistem dan juga daerah serapan dan resapan air, sehingga tidak menyebabkan banjir di daerah sekitarnya maupun di daerah lain yg terkena imbasnya..

    BalasHapus
  2. Beuh lengkap banget mas.... Sekolahan sangat penting buat kenyamanan belajar anak.... Jd pengen sekolah lagi tau mas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Jannah, sekolah tidak ada batas umur :)
      trimakasih sdh berkunjung
      salam :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA